Senin, 20 Mei 2019


Kamis, 21 Desember 2017 21:22 WIB

Zola Ajak Semua Pemangku Kepentingan Kendalikan Inflasi

Reporter : Redaksi
Kategori : Inforial

Zola saat menghadiri pertemuan tahunan Bank Indonesia/ foto: Humas Pemprov Jambi

Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli mengajak semua pemangku kepentingan untuk berusaha semaksimal mungkin mengendalikan inflasi. Zola mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jambi telah berkomitmen untuk mengendalikan inflasi dengan baik, salah satunya melalui OPD terkait secara rutin melakukan pemantauan harga setiap hari untuk memastikan bahwa pasokan barang ke pasar aman dan berjalan dengan lancar.

Demikian dikemukakan Zola saat membuka Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (BI) 2017 dan High Level meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Pemerintah Provinsi Jambi, bertempat di SwissBell Hotel, Kamis (21/12/2017).



Zola menyampaikan, pertemuan ini sangat penting dan strategis dalam konteks untuk menjaga pertumbuhan ekonomi yang kondusif di Provinsi Jambi.

Melalui pengendalian inflasi menjadi sangat mendesak, mengigat dalam beberapa hari mendatang, kita akan memasuki momen tahunan yaitu natal dan tahun baru, biasanya pada kedua momen tersebut akan terjadi kenaikan permintaan barang yang melebihi kewajaran," sebut Zola.

"Saya sangat mengharapkan dengan adanya pertemuan High Level Meeting TPID ini, para Bupati/walikota berperan aktif secara optimal dalam menjaga stabilitas harga di daerah masing-masing. Terus memonitoring perkembangan di pasar, distribusi pengiriman tidak terlambat, jika terjadi kenaikan harga segeralah lakukan operasi pasar dengan berkerjasama dengan Bulog," sambung Zola

Pada kesempatan tersebut, Zola juga menyampaikan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Rakernas Pengendalian Inflasi pada tanggal 27 Juli 2017 di Jakarta, yakni agar para Gubernur maupun Bupati/Walikota melakukan langkah-langkah. Pertama, memperkuat upaya  pengendalian harga di daerah, dengan cara memperkuat koordinasi dalam pengendalian harga yang terkait dengan faktor musiman maupun faktor infrastruktur. Kedua, maksimalkan penggunaan APBD dalam mendorong pembangunan ekonomi dan pengendalian harga. Ketiga, mengamankan pasokan pangan melalui kerjasama dengan Bulog, guna menjamin ketersediaan dan keterjangkauan pangan bagi masyarakat. Empat, memperkuat sistem informasi harga pangan strategis, dengan memperbarui informasi harga pangan yang akurat dan tepat waktu," tutur Zola.

"Untuk memperkuat peran TPID, maka telah diluncurkan Keputusan Presiden Nomor 23 tahun 2017 tentang Tim Pengendalian Inflasi Nasional, dimana pada pasal 5 ayat 2 disebutkan bahwa Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten/Kota dipimpin langsung oleh Bupati/Walikota, dengan wakil ketua pejabat Kantor Perwakilan Bank Indonesia, serta sekretaris dan anggota merupakan pimpinan OPD yang terkait dengan inflasi," lanjut Zola.

Zola menjelaskan, berbicara tentang inflasi, maka harus membenahi aspek produksi, aspek distribusi dan aspek konsumsi. "Pada aspek produksi, instansi teknis harus dapat menjamin bahwa panen komoditi pangan tidak mengalami hambatan seperti gagal panen, pada sisi lain perlu terus diupayakan untuk memanfaatkan lahan tidur untuk dijadikan lahan pangan," jelas Zola.

Zola mengatakan, kunci mengelola ekonomi baik di tingkat kabupaten, kota, provinsi maupun di tingkat nasional adalah pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Sebab itu, dia menekankan daerah dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan menekan inflasi ke tingkat yang rendah.

"Inflasi bukan hanya disebabkan oleh kenaikan harga pangan semata, tetapi bisa juga faktor lain seperti, kenaikan harga tiket pesawat semasa liburan, kenaikan harga gas, kelangkaan gas, untuk itu kepada pihak terkait seperti Angkasa Pura dan perusahan pihak lain dapat membantu pemerintah dalam mengatasi inflasi tersebut," tambah Zola. (kjcom/humas pemprov jambi)


Tag : #Inflasi #Zola #Pemprov Jambi



Berita Terbaru

 

Intelektual Publik
Senin, 20 Mei 2019 09:12 WIB

Goenawan Mohamad


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* Tak banyak intelektual Indonesia yang dikaruniahi kesehatan, umur panjang dengan karya yang terjaga mutunya. Arief Budiman,

 

Krisis Lingkungan
Senin, 20 Mei 2019 08:53 WIB

Gagalnya Kita Menyelaraskan Diri dengan Alam


Oleh: Jon Afrizal* Hutan dan hutang. Hubungan "aneh" di masa lalu yang juga berakibat "aneh" pada saat ini. Sebentar, mari kita surfing di mesin pencari

 

Zakat Fitrah
Senin, 20 Mei 2019 05:45 WIB

Besaran Zakat Fitrah Kabupaten Bungo tahun 2019


Besaran Zakat Fitrah Kabupaten Bungo tahun 2019 Kajanglako.com, Bungo – Pemerintah Kabupaten Bungo resmi menentapkan besaran zakat fitrah tahun 1440

 

Gema Ramadhan
Senin, 20 Mei 2019 05:38 WIB

Bupati Al Haris Salurkan Zakat ke Anak Yatim dan Fakir Miskin


Bupati Al Haris Salurkan Zakat ke Anak Yatim dan Fakir Miskin Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Al Haris menyalurkan zakat, infak dan shadaqah

 

Gelandangan dan Pengemis
Minggu, 19 Mei 2019 22:35 WIB

Dinilai Meresahkan, Gepeng di Masjid Raya Digelandang Petugas


Dinilai Meresahkan, Gepeng di Masjid Raya Digelandang Petugas Kajanglako.com, Kota Jambi - Untuk memberikan ketertiban dan rasa aman selama pelaksanaan