Rabu, 22 Mei 2019


Sabtu, 16 Desember 2017 14:24 WIB

Siapa Orang Miskin di Jambi? Simak Penjelasan Badan Pusat Statistik

Reporter : Arman Mandaloni
Kategori : Ragam

Gambar ilustrasi

Kajanglako.com, Jambi – Dalam Workshop Wartawan “Indikator Strategis 2017 yang digelar Badan Pusat Statistik Jambi (BPS), Kamis (14/12), menjelaskan standar garis kemsikinan di Provinsi Jambi. Menurut BPS, kemiskinan terbagi menjadi dua yaitu Kemiskinan Makro dan Kemiskinan Mikro.

Menurut pemaparan Kepala Bidang Sosial BPS Jambi Rifyanto, singkatnya Kemiskinan Makro merupakan data yang menunjukan jumlah penduduk miskin setiap daerah berdasarkan estimasi. Sedangkan Mikro yakni data yang menunjukkan jumlah RT sasaran sangat miski + miskin + hampir miskin yang berdasarkan by name by addres.



Pertanyaannya, siapa dan apa standar kemiskinan yang diberlakukan di Provinsi Jambi?

Baca Juga: - Selalu Disalahkan, Ini Penjelasan BPS Terkait Distribusi Program Kemiskinan Salah Sasaran

Dijelaskan oleh Rifyanto, berdasarkan konsep yang juga diterapkan di berbagai negara yaitu kemampuan memenuhi kebutuhan dasar (basic need approach), kemiskinan dipandang sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan yang diukur dari sisi pengeluaran.

Jika diambil dari sisi rata-rata pengeluaran perkapita perbulan dalam ukuran rupiah, ukuran garis kemiskinan di Provinsi Jambi yaitu penduduk/warga yang memiliki pendapatan Rp. 379.648 per kapita perbulannya. Jika dibagi perharinya, garis kemiskinan terjadi apabila perolehan pendapatan sekitar Rp. 12.000 per harinya.

Secara global, data BPS terkahir Maret 2017, persentase penduduk miskin yang ada di Provinsi Jambi sebesar 8,19 persen, atau urutan 20 tertinggi dari 34 Provinsi se-Indonesia. (kjcom)


Tag : #Kemiskinan #angkar kemiskinan #garis kemiskinan #BPS #Badan Pusat Statistik #jambi



Berita Terbaru

 

Pemilu 2019
Selasa, 21 Mei 2019 17:40 WIB

Situng KPU 100 Persen, PKB Geser Hanura di Dapil 3 Tanjabtim


Situng KPU 100 Persen, PKB Geser Hanura di Dapil 3 Tanjabtim Kajanglako.com, Tanjabtim - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Tanjung Jabung Timur di Dapil

 

Arus Mudik Lebaran 2019
Selasa, 21 Mei 2019 17:26 WIB

Satpol PP Layangkan Surat, Minta Pemilik Kandangkan Hewan Ternak Waspada Arus Mudik Lebaran


Satpol PP Layangkan Surat, Minta Pemilik Kandangkan Hewan Ternak Waspada Arus Mudik Lebaran Kajanglako.com, Sarolangun – Lonjakan arus mudik lebaran

 

Pengadaan Mobil Dinas
Selasa, 21 Mei 2019 17:11 WIB

Mobnas Baru untuk Wabup Sarolangun Menunggu Tipe yang Dipesan, Segini Harganya


Mobnas Baru untuk Wabup Sarolangun Menunggu Tipe yang Dipesan, Segini Harganya Kajanglako.com, Sarolangun – Sebanyak tujuh unit dari total delapan

 

Pengadaan Mobil Dinas
Selasa, 21 Mei 2019 16:55 WIB

Pemkab Sarolangun Beli 8 Unit Mobil Dinas Baru, Termasuk untuk Wakil Bupati dan Kapolres


Pemkab Sarolangun Beli 8 Unit Mobil Dinas Baru, Termasuk untuk Wakil Bupati dan Kapolres Kajanglako.com, Sarolangun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab)

 

Pemilu 2019
Selasa, 21 Mei 2019 15:31 WIB

Diwarnai Saling Dorong, Mahasiswa Baca Surah Yasin dan Tabur Bunga di Depan Pintu Masuk Gedung DPRD


Diwarnai Saling Dorong, Mahasiswa Baca Surah Yasin dan Tabur Bunga di Depan Pintu Masuk Gedung DPRD Kajanglako.com, Jambi – Sempat diwarnai saling