Senin, 21 Mei 2018


Rabu, 06 Desember 2017 19:13 WIB

Cetak e-KPT Begitu Lama, Data Warga Rentan Berubah

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Berita Daerah

ilustrasi, foto: istimewa

Kajanglako.com, Batanghari - Ribuan warga Kabupaten Batanghari hingga kini belum memiliki KTP Elektronik (e-KTP), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Batanghari mencatat sebanyak 9.629 warga Batanghari belum memiliki e-KTP. 

Kadis Dukcapil Batanghari, Ade Febriandi menyebutkan, berdasarkan data semester satu, 85 persen warga Batanghari telah memiliki KTP elektronik. Namun, sekitar 15 persen warga lainnya belum memiliki e-KTP.



“Saat ini sedang menunggu proses pencetakan e-KTP," sebut Ade.

Saat ini pihaknya tengah melakukan verifikasi dan validasi data terhadap warga yang telah melakukan perekaman, validasi dan verifikasi data tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya kesalahan elemen data pada KTP elektronik yang akan dicetak. Selain itu, verifikasi dan validasi data tersebut dilakukan agar blangko KTP elektronik tidak mubazir karena kesalahan elemen data pada pencetakan.

"Jarak antara perekaman dan pencetakan KTP tersebut cukup jauh, sehingga kita mengkhawatirkan adanya perubahan elemen data. Misalnya saat perekaman warga tersebut belum menikah, namun saat ini telah menikah,” jelas Ade.

Lamanya rentang waktu antara perekaman dan pencetakan tersebut, menurutunya, disebabkan oleh keterlambatan penetapan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dilakukan oleh pusat.

Saat ini, animo masyarakat di daerah untuk melakukan perekaman KTP elektronik juga telah menurun, hal itu dikarenakan masyarakat lebih mengutamakan aktivitas sehari-hari seperti berkebun dibandingkan untuk melakukan perekaman.

"Animo masyarakat untuk melakukan perekaman saat ini memang menurun. Untuk mengatasi masalah tersebut, kita telah memberikan undangan kepada masyarakat untuk melakukan perekaman melalui pihak kecamatan," ujarnya. (kjcom)


Tag : #KTP Elektronik #Rekam e-KTP #Batanghari



Berita Terbaru

 

Masjid Tua
Senin, 21 Mei 2018 16:39 WIB

Masjid Batu Peninggalan Sayyid Idrus di Seberang Kota Jambi


Kawasan Seberang Kota Jambi dikenal luas sebagai wilayah kampung tradisional Melayu Jambi. Di wilayah ini pula berdiri beberapa pesantren tua dan sisa

 

Senin, 21 Mei 2018 14:28 WIB

Sekda Tanggapi Kabar Monopoli Bank Jambi di Pasar Angso Duo Baru


Kajanglako.com,  Jambi - Terkait beredar kabar di masyarakat bahwa pihak Bank Jambi disebut memonopoli PT EBN, dalam pengelolaan kredit tokok dan

 

Senin, 21 Mei 2018 14:21 WIB

Masalah Pemindahan Pedagang Angsoduo, Ini Kata Sekda Dianto


Kajanglako.com, Jambi - Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto angkat bicara terkait permasalahan pemindahan pedagang Pasar Angso Duo lama ke Pasar

 

Senin, 21 Mei 2018 14:13 WIB

Hingga Pendaftaran Tutup, Hanya Satu Nama Mencalonkan Jadi Ketua KNPI Bungo


Kajanglako.com, Bungo - Dewan Pengurus Daerah (DPD) II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bungo, siap menggelar Musyawarah Daerah (Musda)

 

Senin, 21 Mei 2018 13:58 WIB

Shoft Lounching Kantor Imigrasi, Bupati Bungo: Warga Urus Paspor Lebih Mudah


Kajanglako.com, Bungo - Bupati Bungo, H Mashuri, secara resmi melaksanakan Soft Launching Kantor Imigrasi Kabupaten Bungo, Senin 21 Mei 2018.  Dengan