Jumat, 19 Agustus 2022


Selasa, 12 Juli 2022 19:57 WIB

Ketua DPRD Lepas Rombongan Dirjenkemenbud Pembukaan Ekspedisi Peradapan Sejarah Kerajaan Swarnabhumi

Reporter : Samin
Kategori : Berita Daerah

Ketua DPRD saat menghadiri acara menyusuri Peradaban Kerajaan Melayu.

DHARMASRAYA - Aliran Sungai Batang Hari adalah bukti peradapan kerajaan Melayu Swarnabhumi yang dimulai dari hilir hingga hulu dan berakhir dipedalam Minangkabau yaitu di Suruaso Pagaruyung. Bukti sejarah tersebut ditelusuri kembali seperti festival Pamalayu tahun 2018 silam dan dilanjutkan pada hari ini Selasa(11/07/22) pada acara ekpedisi peradapan sungai batang hari yang dimulai dari Dharmasraya hingga Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi (Sumbar-Jambi).

Pariyanto,SH ketua DPRD menilai acara pelepasan tersebut sangat mengapresiasi rombongan dari dirjen budaya kementrian kebudayaan dan BPCB Sumatra Barat.



“Saya sangat berterimah kasih pada pemerintahan pusat seperti kementrian kebudayaan yang menurunkan dirjenbud dan BPCB Sumatra barat guna melanjutkan misi muhibah Pmalayu hingga kini diberi nama ekpedisi peradpan sungai batang hari”,sebut Pariyanto,SH kader PDIP ini.

Misi ekpedisi ini adalah di ikuti peserta dari kalangan mahasiswa pilihan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang telah melalui seleksi dari dirjen budaya di pusat.

“Pada acara kali ini ekpedisi peradapan sungai batang hari di isi oleh kalangan akademis agar bisa terpublikasi atau kalangan mahasiswa bisa mengkripsikan pada mata kuliah atau juga sijadikan manukskipsi”,Tutup Ketua dewan terhormat ini.(sam)




Berita Terbaru

 

Rabu, 17 Agustus 2022 15:15 WIB

Bupati Beserta Forkopimda Saksikan Upacara Detik Detik Proklamasi Secara Virtual


    DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Ketua DPRD, Pariyanto, unsur Forkopimda, Sekda Dharmasraya, Adlisman,

 

Rabu, 17 Agustus 2022 10:53 WIB

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Dharmasraya Berlangsung Khidmat


  DHARMASRAYA – Pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 di Kabupaten Dharmasraya

 

Perspektif
Rabu, 17 Agustus 2022 08:30 WIB

Gerakan Mahasiswa Sebagai Katalisator Perubahan Politik


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* I Kehadiran kelompok mahasiswa sebagai salah satu kekuatan politik sesudah kemerdekaan merupakan suatu kenyataan yang riil.

 

Selasa, 16 Agustus 2022 22:16 WIB

Bupati Hadiri Pengesahan Warga Baru PSHT Cabang Dharmasraya


  DHARMASRAYA - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuaku Kerajaan menghadiri pengesahan warga baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Dharmasraya

 

Selasa, 16 Agustus 2022 22:11 WIB

Bupati Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden dalam Rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77


    DHARMASRAYA - Sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 tahun 2022, Bupati Dharmasraya,