Jumat, 19 Agustus 2022


Sabtu, 09 Juli 2022 01:23 WIB

Sekda Minta Masyarakat Berkoordinasi Dengan Petugas Kesehatan Terkait Hewan Kurban

Reporter : Samin
Kategori : Berita Daerah

Sekda saat menyerahkan hewan kurban.

 

Agar Terhindar Dari Ancaman PMK



 

DHARMASRAYA – Sekda Kabupaten Dharmasraya, Adlisman pada Jum'at sore bertempat di Pasar Ternak Gunung Medan menyerahkan hewan kurban koordinasi Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Dharmasraya tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi. Hewan yang diserahkan sebanyak 22 ekor sapi dan 2 ekor kambing kepada penerima masing-masing musola dan masjid tersebar di Dharmasraya.

Sekda minta agar pihak instansi terkait untuk dapat meluruskan kepada masyarakat Kabupaten Dharmasraya, mudah-mudahan daerah Dharmasraya dapat terhindar dari penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). “Kita berharap Dharmasraya terhindar dari penyebaran Penyakit Mulut dan Kaki. Ini harus diluruskan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Dharmasraya,” tegas Sekda.

Selain itu Sekda juga menghimbau kepada seluruh panitia pemotongan hewan kurban di masjid ataupun musola yang menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban, yang dihimpun langsung oleh masyarakat, agar dapat fokus memeriksakan kesehatan hewan kurbannya. Pemeriksaan tersebut dilakukan oleh petugas kesehatan hewan yang bertugas di masing-masing wilayah atau kecamatannya, agar dapat memastikan hewan yang akan dipotong dapat terhindar dari penyakit mulut dan kaki.

“Saya himbau kepada seluruh masyarakat yang melakukan   penyelenggaraan pemotongan hewan kurban di masing masing masjid atau musolah, agar dapat melakukan pemeriksaan hewan kurban tersebut kepada petugas yang ada di wilayah masing-masing. Ini diperuntukkan agar hewan tersebut dapat terhindar dari penyakit yang saat ini sedang terjangkit, dan masyarakat dapat nyaman dalam menikmati hewan kurban yang dibagikan,” himbau Sekda.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini adalah sebagian dari  ibadah atau tuntunan dari agama Islam, dan kedepannya mari kita gelorakan semangat berkurban di masyarakat Kabupaten Dharmasraya. Sehingga kedepannya, semangat berkurban ini dapat terus meningkat. Dan hewan kurban yang akan dibagikan akan semakin bertambah banyak nantinya, dan orang yang menerimanya akan senang dan bahagia menerima daging kurban.

Selain itu, Sekda meminta kepada masyarakat jika didaerahnya banyak hewan kurban maka diharapkan dapat memberikan hewan kurban tersebut kepada daerah yang sedikit hewan kurbannya. Sehingga penyebaran hewan kurban tersebut dapat merata dan dirasakan oleh seluruh masyarakat yang benar-benar membutuhkan daging kurban.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menyumbangkan hewan kurbannya melalui LKKS. Semoga seluruh pihak yang telah menyalurkan hewan kurban tersebut dapat diterima pahalanya oleh Allah SWT, dan diberikan imbalan yang berlipat ganda,” pungkas Sekda.(sam)




Berita Terbaru

 

Rabu, 17 Agustus 2022 15:15 WIB

Bupati Beserta Forkopimda Saksikan Upacara Detik Detik Proklamasi Secara Virtual


    DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Ketua DPRD, Pariyanto, unsur Forkopimda, Sekda Dharmasraya, Adlisman,

 

Rabu, 17 Agustus 2022 10:53 WIB

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Dharmasraya Berlangsung Khidmat


  DHARMASRAYA – Pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 di Kabupaten Dharmasraya

 

Perspektif
Rabu, 17 Agustus 2022 08:30 WIB

Gerakan Mahasiswa Sebagai Katalisator Perubahan Politik


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* I Kehadiran kelompok mahasiswa sebagai salah satu kekuatan politik sesudah kemerdekaan merupakan suatu kenyataan yang riil.

 

Selasa, 16 Agustus 2022 22:16 WIB

Bupati Hadiri Pengesahan Warga Baru PSHT Cabang Dharmasraya


  DHARMASRAYA - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuaku Kerajaan menghadiri pengesahan warga baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Dharmasraya

 

Selasa, 16 Agustus 2022 22:11 WIB

Bupati Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden dalam Rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77


    DHARMASRAYA - Sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 tahun 2022, Bupati Dharmasraya,