Jumat, 19 Agustus 2022


Selasa, 30 November 2021 09:04 WIB

Mengamalkan Pancasila

Reporter :
Kategori : Oase

Foto: istimewa

Oleh: Yudi Latif *

Saudaraku, mengamalkan Pancasila itu seperti memenuhi pesan shalat (sembahyang): dimulai dengan meninggikan Tuhan--takbiratul ihram--(Ketuhanan) sebagai gantungan integritas, diakhiri dengan menebar salam damai sejahtera ke kanan dan ke kiri (Keadilan).



Dalam shalat, jalan menuju Ketuhanan dan kemanusiaan itu ditempuh secara berkelindan. Perjumpaan antara gerak transendental dan eksistensial itu menerbitkan energi positif yang meninggikan kesadaran hikmat-kearifan dan meluaskan pengamalan kasih-kebajikan.

Terpancarlah fajar rasa syukur terlahir dan tumbuh di negeri swarnadwipa; dengan nusa emas yang teruntai zamrut katulistiwa. Di negeri molek ini,  langit tinggi terbentang julangkan spirit ketuhanan. Lautan luas terkembang lapangkan rasa kemanusiaan.  Keanekaragaman hayati kuatkan semangat persatuan. Biru langit-samudera luas dan dalam bijakkan musyawarah kerakyatan. Kekayaan alam dan kesuburan bumi makmurkan kesejahteraan berkeadilan.

Manakala kehidupan dijalani secara terbalik, dengan mengingkari dan merusak karunia nikmat. Pemimpin dan warganya durhaka pada Tuhan dan ibu pertiwinya.  Prahara pun menimpa kita.

 

*Pakar Aliansi Kebangsaan, tulisan ini dimuat pertama kali di akun media sosisal Yudi Latif, pemuatan di sini sudah atas seizin penulis.


Tag : #Indonesia #Oase #Pancasila #Yudi Latif



Berita Terbaru

 

Rabu, 17 Agustus 2022 15:15 WIB

Bupati Beserta Forkopimda Saksikan Upacara Detik Detik Proklamasi Secara Virtual


    DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Ketua DPRD, Pariyanto, unsur Forkopimda, Sekda Dharmasraya, Adlisman,

 

Rabu, 17 Agustus 2022 10:53 WIB

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Dharmasraya Berlangsung Khidmat


  DHARMASRAYA – Pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 di Kabupaten Dharmasraya

 

Perspektif
Rabu, 17 Agustus 2022 08:30 WIB

Gerakan Mahasiswa Sebagai Katalisator Perubahan Politik


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* I Kehadiran kelompok mahasiswa sebagai salah satu kekuatan politik sesudah kemerdekaan merupakan suatu kenyataan yang riil.

 

Selasa, 16 Agustus 2022 22:16 WIB

Bupati Hadiri Pengesahan Warga Baru PSHT Cabang Dharmasraya


  DHARMASRAYA - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuaku Kerajaan menghadiri pengesahan warga baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Dharmasraya

 

Selasa, 16 Agustus 2022 22:11 WIB

Bupati Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden dalam Rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77


    DHARMASRAYA - Sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 tahun 2022, Bupati Dharmasraya,