Jumat, 19 Agustus 2022


Kamis, 25 November 2021 13:16 WIB

Jalan Karakter

Reporter :
Kategori : Oase

foto: istimewa

Oleh: Yudi Latif *

Saudaraku, kita terlampau lumrah membayangkan apa yang kita harapkan dari kehidupan; sampai-sampai kita lupa mempertanyakan apa yang diharapkan kehidupan dari kita.



Karena kita tak pernah bisa meraba apa yang diharapkan kehidupan dari diri kita, kita terus menjalani kehidupan dengan ukuran-ukuran kelaziman orang lain. Tak bisa mensyukuri karunia potensi diri dan menilai pencapaian hidup menurut jalan aktualisasi dirinya sendiri.

Akibatnya, banyak orang lebih memburu kesuksesan menaiki tangga karir ketimbang kesediaan melakukan pendalaman diri dalam perjungan moral menjadi manusia berkarakter.

Kita lebih cepat menaiki kesuksesan karir dengan mengembangkan kekuatan diri. Sedang untuk menjadi manusia berkarakter, kita harus punya keberanian menghadapi kelemahan diri sendiri.

Manusia berkarakter punya kepercayaan diri karena berjangkar pada fundamen yang kuat. Dalam bidang intelek, mereka memiliki seperangkat keyakinan tentang kebenaran hakiki. Dalam bidang emosi, mereka tertambat dalam jaring cinta tak bersyarat. Dalam bidang tindakan, mereka memiliki komitmen permanen terhadap tugas berkelanjutan yang tak bisa dituntaskan dalam penggal waktu tertentu.

Agar bisa hidup dengan memenuhi tujuan hidup, ada baiknya kita picingkan pandangan ke luar diri, dengan lebih berpaling ke kedalaman diri. Sadarilah bahwa setiap pribadi itu istimewa, dan setiap keistimewaan diri itu memiliki jalan moralnya sendiri untuk mengemban tugas tertentu sebagai dharma pengabdian bagi kehidupan.

 

*Pakar Aliansi Kebangsaan, tulisan ini dimuat pertama kali di akun media sosisal Yudi Latif, pemuatan di sini sudah atas seizin penulis.


Tag : #Indonesia #oase #karakter #yudi latif



Berita Terbaru

 

Rabu, 17 Agustus 2022 15:15 WIB

Bupati Beserta Forkopimda Saksikan Upacara Detik Detik Proklamasi Secara Virtual


    DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Ketua DPRD, Pariyanto, unsur Forkopimda, Sekda Dharmasraya, Adlisman,

 

Rabu, 17 Agustus 2022 10:53 WIB

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Dharmasraya Berlangsung Khidmat


  DHARMASRAYA – Pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 di Kabupaten Dharmasraya

 

Perspektif
Rabu, 17 Agustus 2022 08:30 WIB

Gerakan Mahasiswa Sebagai Katalisator Perubahan Politik


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* I Kehadiran kelompok mahasiswa sebagai salah satu kekuatan politik sesudah kemerdekaan merupakan suatu kenyataan yang riil.

 

Selasa, 16 Agustus 2022 22:16 WIB

Bupati Hadiri Pengesahan Warga Baru PSHT Cabang Dharmasraya


  DHARMASRAYA - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuaku Kerajaan menghadiri pengesahan warga baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Dharmasraya

 

Selasa, 16 Agustus 2022 22:11 WIB

Bupati Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden dalam Rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77


    DHARMASRAYA - Sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 tahun 2022, Bupati Dharmasraya,