Jumat, 19 Agustus 2022


Selasa, 12 Oktober 2021 11:25 WIB

Tips Bepergian ke Luar Negeri dengan Bujet Terbatas

Reporter : Redaksi
Kategori : Ragam

Gambar/ilustrasi: istimewa

Kajanglako.com - Tips bepergian berikut dapat mengantarkan Anda ke Luar Negeri dengan nyaman walau memiliki dana minim. Dengan memperhatikan poin-poin utamanya, siapa saja bisa liburan bahkan sampai keluar negeri. Kini banyak penawaran menarik baik diskon pesawat sampai tiket murah destinasi wisata yang menarik untuk dijadikan liburan negeri.

Mungkin Anda selalu bepergian di dalam negeri dan berfikir keluar negeri mahal dan terlalu berisiko. Sebenarnya kalau sering bepergian dan biasa berhemat, Anda juga bisa jalan-jalan ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia bila menyiapkan semua keperluannya dengan cermat dan detail.



Anda perlu mengetahui syarat masuk Malaysia 2021 agar sudah siap semua data dan perlengkapan dan tidak ditolak terbang walau tiket dan visa sudah ditangan. Liburan ke luar negeri membutuhkan lebih banyak persiapan sehingga Anda perlu mempersiapkannya terlebih dahulu jauh-jauh hari. Berikut adalah tips bepergian ke luar negeri yang perlu Anda ketahui.

 

1. Paspor dan Visa

Hal utama yang bisa memastikan Anda bisa masuk ke negara lain adalah paspor dan visa. Ketahui dimana Kantor Imigrasi terdekat dan ketentuan visa ke negara tersebut. Ada beberapa negara yang memperbolehkan mengambil visa on arrival, tapi daftar negaranya harus diperiksa dan diputuskan terlebih dahulu.

Paspor ada masa berlakunya, untuk awalnya adalah 10 tahun dan selanjutnya adalah 5 tahun, peraturan ini bisa berubah sesuai ketentuan yang ada. Buat paspor terlebih dahulu sehingga Anda terpacu untuk segera menggunakannya. Jadikan ini motivasi untuk segera mengatur perjalanan ke luar negeri.

 

2. Promo Beli Tiket Murah

Tips bepergian yang penting lainnya adalah mendapatkan tiket ke tujuan tertentu. Kalau Anda tidak memiliki preferensi tujuan wisata, maka berburu tiket murah bisa jadi pilihan. Dengan demikian ada banyak pilihan negara, tempat wisata dan bahkan tanggal.

Membeli tiket jauh-jauh hari berarti ada kesempatan untuk mendapatkan harga spesial. Beberapa pertimbangan adalah berangkat saat low season, musim yang tidak terlalu populer seperti musim penghujan dan kriteria lainnya.

 

3. Budget Vacation

Kini ada banyak layanan liburan yang mengambil versi lebih terjangkau atau yang lebih dikenal dengan budget-friendly. Ada budget air, budget capsule hotel dan lain sebagainya. Kini bepergian dengan gaya minimalis sudah merupakan bagian dari gaya hidup sehingga banyak informasi yang bisa mengakomodasinya.

Anda bisa memilih berjalan-jalan ala backpacker dan memilih beberapa penghematan yang bisa disesuaikan dengan kepribadian Anda. Kalau mencari dengan sabar dan melakukan riset, Anda bahkan bisa menikmati fasilitas terbaik dengan memanfaatkan versi yang lebih terjangkau.

 

4. Melihat Opsi Gratis

Dunia travel telah banyak berubah dan memberikan lebih banyak kesempatan untuk orang-orang yang tidak memiliki dana banyak untuk bisa liburan, bahkan keluar negeri. Ada situs couchsurfing yang memungkinkan turis untuk menginap tanpa pungutan biaya. Kini hampir semua layanan umum memberikan wifi gratis yang dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi atau melakukan aktivitas secara digital.

Unduh juga aplikasi untuk booking hotel, tiket dan fasilitas lainnya yang kerap memberikan promo bahkan ada tawaran gratis untuk membernya. Maksimalkan berbagai kesempatan untuk mendapatkan berbagai fasilitas dengan harga murah bahkan bisa gratis.

 

5. Siapkan Rencana Perjalanan

Tips bepergian ke luar negeri dengan nyaman adalah membuat rute perjalanan dan rencana detail mulai dari transportasi, akomodasi dan lain sebagainya. Ada banyak travel blogger dan wisatawan lainnya yang berbagi pengalam mereka secara online. Anda bisa browsing sesuai dengan negara yang dituju dan preferensi lainnya.

Informasi yang bisa diakses dengan internet tersebut memberikan gambaran bagaimana bepergian ke luar negeri sehingga Anda dapat mempelajarinya serta menyusun rencana perjalanan sendiri. Bersiap juga dengan berbagai kemungkinan ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai keinginan.

 

6. Dokumen Penting

Sebagai turis di negara orang, identitas adalah segalanya. Anda perlu membawa dokumen penting seperti paspor atau KTP bersama Anda selalu sepanjang perjalanan. Hindari menaruhnya di tas yang ditinggal di hotel atau penginapan. Tarus semua pada tas pinggang atas tas yang Anda selalu bawa-bawa selama perjalanan.

Buat pengamanan dan buat softcopy dokumen penting dalam bentuk digital pada email atau membuat foto copy yang bisa sewaktu-waktu diminta baik oleh pihak hotel, jasa transportasi yang Anda pakai atau kebutuhan lainnya. Jadi, kalau ada sesuatu yang tidak diinginkan yang menyebabkan dokumen hilang, masih ada cadangan yang bisa dijadikan back-up.

 

7. Membatasi Pemakaian Uang Tunai

Tips bepergian yang harus diwaspadai selama perjalanan adalah membatasi pemakaian uang tunai. Membawa uang banyak terlalu beresiko tapi membawa kartu debit atau kartu kredit juga harus diperiksa terlebih dahulu apakah memungkinkan. Siasati dengan membawa uang tunai secukupnya ketika bepergian.

Untuk menghindari mengeluarkan dompet dan terlihat ada banyak uang di dalamnya, pisahkan uang dalam beberapa kantong. Jadi ada uang di dompet, koin di dompet yang lebih kecil, menaruh uang di selipan tas atau celana untuk kembalian atau pengeluaran yang butuh uang kecil. Cara ini memastikan lebih aman dan anda juga akan merasa lebih nyaman.

 

Kini Anda bisa bepergian ke luar negeri dengan nyaman dengan mengetahui tips bepergian di atas. Mulai dari persiapan sebelum berangkat sampai apa saja apa saja yang dilakukan saat berada di luar negeri. Panduan diatas diharapkan bisa membuat siapapun lebih yakin untuk bepergian ke luar negeri, khususnya setelah mempersiapkan semua hal dengan cermat bahkan mengekspektasi hal-hal yang tidak terduga. (kjcom/**)


Tag : #ragam #features #luar negeri #vacation



Berita Terbaru

 

Rabu, 17 Agustus 2022 15:15 WIB

Bupati Beserta Forkopimda Saksikan Upacara Detik Detik Proklamasi Secara Virtual


    DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Ketua DPRD, Pariyanto, unsur Forkopimda, Sekda Dharmasraya, Adlisman,

 

Rabu, 17 Agustus 2022 10:53 WIB

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Dharmasraya Berlangsung Khidmat


  DHARMASRAYA – Pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 di Kabupaten Dharmasraya

 

Perspektif
Rabu, 17 Agustus 2022 08:30 WIB

Gerakan Mahasiswa Sebagai Katalisator Perubahan Politik


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* I Kehadiran kelompok mahasiswa sebagai salah satu kekuatan politik sesudah kemerdekaan merupakan suatu kenyataan yang riil.

 

Selasa, 16 Agustus 2022 22:16 WIB

Bupati Hadiri Pengesahan Warga Baru PSHT Cabang Dharmasraya


  DHARMASRAYA - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuaku Kerajaan menghadiri pengesahan warga baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Dharmasraya

 

Selasa, 16 Agustus 2022 22:11 WIB

Bupati Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden dalam Rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77


    DHARMASRAYA - Sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 tahun 2022, Bupati Dharmasraya,