Sabtu, 24 Oktober 2020


Minggu, 18 Oktober 2020 16:43 WIB

Silaturrahmi dengan Tomas 3 Kecamatan Sungai Bahar, Al Haris: Replanting Sawit Kita Sudah Lakukan di Merangin

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Politik

Foto: Riki

Kajanglako.com, Jambi - Al Haris calon gubernur Jambi nomor urut 3 silaturrahmi dengan tokoh masyarakat Sungai Bahar, Bahar Selatan dan Bahar Utara, Minggu (18/10/20).

Al Haris yang berpasangan dengan Abdullah Sani di Pilgub Jambi 2020 ini sengaja berkunjung untuk melihat kondisi masyarakat lebih dekat.



Calon gubernur yang diusung PAN, PKS dan PKB ini banyak mendegar keluhan dari masyarakat Sungai Bahar yang mayoritas mengandalkan sawit untuk perekonomian. Selain keluhan insfrastruktur, produksi sawit yang sudah menurun karena faktor umur sangat dirasakan masyarakat dampaknya.

Terkait itu, Al Haris mengatakan di Merangin lebih 2000 hektare kelapa sawit sudah dibantu pemerintah untuk peremajaan atau replanting sejak 2018.

Bahkan replanting sawit di Merangin menjadi percontohan bagi daerah lain, sudah banyak daerah penghasil sawit di Sumatera ini melakukan studi banding ke Merangin.

"Kita Merangin ini salah satu yang terbaik secara administrasi dan sudah banyak daerah lain yang studi banding kesini, seperti dari Labuan Batu Sumatera Utara, Muara Enim dan Muko-Muko. Kita lihat sawit yang sudah ikut program replanting juga bagus dan sudah ada yang buah pasir saat ini," ungkap Al Haris.

"Jadi teknisnya itu dapat diajukan secara kelompok, baik gabungan kelompok tani, kelompok tani atau koperasi unit desa. Petani sawit diberitakan bantuan dana hibah Rp 30 juta perhektar dan petani tidak dituntut untuk mengembalikan bantuan hibah tersebut," jelas Al Haris lagi.

Program nyata tersebut, disebut Al Haris tentu menjadi fokusnya jika dipercaya masyarakat memimpin provinsi Jambi.

"Jadi replanting ini sudah kita lakukan di Merangin, tentu program ini kita bisa lanjutkan di Provinsi karena sangat banyak sawit petani saat ini butuh direplanting karena tidak produktif lagi termakan umur," sebutnya. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Jumat, 23 Oktober 2020 22:06 WIB

Jenazah Tertahan di RSI Arafah Jambi, 7 Hari Hasil Swab Tidak Kunjung Keluar


Kajanglako.com, Jambi  - Pihak keluarga jenazah M Ridwan (55) dan puluhan warga Plamboyan Kelurahan Legok, Kecamatan Telanaipura, mendatangi rumah

 

Jumat, 23 Oktober 2020 21:59 WIB

Bareskrim Polri Tetapkan 8 Orang Sebagai Tersangka Kebakaran Kejagung


Kajanglako.com, Jambi  - Bareskrim Polri menetapkan delapan tersangka kasus kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung (Kejagung). Delapan tersangka itu

 

Jumat, 23 Oktober 2020 21:55 WIB

Kapolda Jambi Tegaskan Tidak Ada Ampun Anggota Terlibat Narkoba


Kajanglako.com, Jambi - Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi menegaskan, tidak ada ampun bagi anggota kepolisian di jajaran Polda Jambi yang terlibat

 

Jelang Pilgub Jambi 2020
Jumat, 23 Oktober 2020 18:19 WIB

Makan Siang Bersama Usai Shalat Jumat, Cek Endra Didoakan Menang oleh Imam Masjid


Kajanglako.com, Sarolangun – Dukungan dan doa kepada Calon Gubernur Jambi nomor urut sat uterus mengalir. Kali ini doa agar Cek Endra menjadi Gubernur

 

Jelang Pilgub Jambi 2020
Jumat, 23 Oktober 2020 18:06 WIB

Forum Sarolangun Bersatu Siap Satukan Para Tokoh dan Milenial Dukung Cek Endra-Ratu


Kajanglako.com, Sarolangun – Dikomandoi oleh H Muhammad Ali AB, Forum Sarolangun Bersatu siap bergerak menyatukan seluruh tokoh adat yang ada di