Sabtu, 24 Oktober 2020


Sabtu, 17 Oktober 2020 14:01 WIB

Program P2DK yang Dipelopori Cek Endra, Sangat Membantu Ekonomi Masyarakat, Terutama di Masa Pandemi

Reporter : Riadi
Kategori : Berita

Foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Desa Lubuk Kepayang Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun berhasil mengalokasikan dana program percepatan pembangunan desa dan kelurahan (P2DK) dengan membeli kerbau dan diserahkan ke warga untuk dipelihara dan dikandangkan. Program pengadaan Kerbau yang dibeli dari dana APBD sangat dirasakan dampak oleh warga Lubuk Kepayang, karena dapat membantu ekonomi keluarga.

Peningkatan ekonomi kerakyatan yang dimulai dari desa di Kabupaten Sarolangun mempertimbangkan potensi yang dimiliki setiap desa yang tidak sama. Peningkatan ekonomi masing-masing desa yang memiliki daya tarik tersendiri dilakukan dengan mengembangkan program percepatan pembangunan desa dan kelurahan (P2DK) yang dipelopori oleh Cek Endra sejak menjabat sebagai Bupati Sarolangun.



Bersumber dari dana percepatan pembangunan desa dan kelurahan(P2DK) yang dikucurkan melalui anggaran APBD Kabupaten Sarolangun setiap tahunnya sebesar 200 juta rupiah, program ini terbilang sukses dan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sarolangun. Selain membantu ekonomi di masa pandemi Covid-19, juga sangat membantu pemulihan ekonomi warga.

"Program ini sangat membantu warga kami, dan setiap warga terbantu, terima kasih program P2DK bapak Cek Endra," kata Mumammad Yadi, Kades Lubuk Kepayang.

Desa Lubuk Kepayang Kecamatan Air Hitam memiliki potensi ternak yang baik, dana P2DK dibeli untuk ternak kerbau, dan kerbau diserahkan ke setiap kepala keluarga. Satu kepala keluarga mendapatkan satu ekor kerbau.

Muhammad Yadi menjelaskan ternak kerbau dibeli dan selanjutnya diserahkan kepada warga untuk memeliharanya. Bila kerbau memiliki anak, anak kerbau tersebut kembali ke desa dan diserahkan ke warga lainnya untuk dipelihara.

"Kerbau dipelihara langsung oleh warga,dan secara estafet anak kerbau di pelihara wargabyang belum menerima, hasilnya akan menjadi milik yang memelihara," jelas Yadi.

Dengan adanya dana P2DK, Yadi merasa sangat terbantu untuk pemulihan ekonomi masyarakat. "Kami berterima kasih dan terbantu dengan program ini," pungkas Yadi. (Kjcom)


Tag : #Cek Endra #C E #Sarolangun



Berita Terbaru

 

Jumat, 23 Oktober 2020 22:06 WIB

Jenazah Tertahan di RSI Arafah Jambi, 7 Hari Hasil Swab Tidak Kunjung Keluar


Kajanglako.com, Jambi  - Pihak keluarga jenazah M Ridwan (55) dan puluhan warga Plamboyan Kelurahan Legok, Kecamatan Telanaipura, mendatangi rumah

 

Jumat, 23 Oktober 2020 21:59 WIB

Bareskrim Polri Tetapkan 8 Orang Sebagai Tersangka Kebakaran Kejagung


Kajanglako.com, Jambi  - Bareskrim Polri menetapkan delapan tersangka kasus kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung (Kejagung). Delapan tersangka itu

 

Jumat, 23 Oktober 2020 21:55 WIB

Kapolda Jambi Tegaskan Tidak Ada Ampun Anggota Terlibat Narkoba


Kajanglako.com, Jambi - Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi menegaskan, tidak ada ampun bagi anggota kepolisian di jajaran Polda Jambi yang terlibat

 

Jelang Pilgub Jambi 2020
Jumat, 23 Oktober 2020 18:19 WIB

Makan Siang Bersama Usai Shalat Jumat, Cek Endra Didoakan Menang oleh Imam Masjid


Kajanglako.com, Sarolangun – Dukungan dan doa kepada Calon Gubernur Jambi nomor urut sat uterus mengalir. Kali ini doa agar Cek Endra menjadi Gubernur

 

Jelang Pilgub Jambi 2020
Jumat, 23 Oktober 2020 18:06 WIB

Forum Sarolangun Bersatu Siap Satukan Para Tokoh dan Milenial Dukung Cek Endra-Ratu


Kajanglako.com, Sarolangun – Dikomandoi oleh H Muhammad Ali AB, Forum Sarolangun Bersatu siap bergerak menyatukan seluruh tokoh adat yang ada di