Kamis, 14 Desember 2017
Pencarian


Minggu, 19 November 2017 13:44 WIB

Bertolak ke Lingga, Bupati Romi Torehkan Sejarah Baru

Reporter : Redaksi
Kategori : Bisnis Berita Daerah

Kapal cepat milik Dishub Tanjabtim yang ditumpangi Bupati Romi menuju Kabupaten Lingga

Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Bupati Tanjung Jabung Timur  Romi Hariyanto pagi ini, Minggu (19/11),  bertolak ke Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau guna menandatangani perjanjian kerjasama ekonomi bersama bupati Lingga Alias Wello. Penandatanganan ini akan disaksikan langsung Wakil Presiden RI Jusuf Kala.

Perjanjian kerjasama ini sebagai lanjutan dari kesepahaman yang dibangun Romi bersama Wello menyikapi pembangunan kedua daerah bertetangga itu. Kerjasama ini adalah torehan sejarah baru bagi upaya percepatan pembangunan di Tanjabtim maupun Lingga. Jika selama ini pembangunan Tanjabtim maupun Lingga lebih mengandalkan sumberdaya internal, dengan kerjasama ini kedua daerah bisa saling mendukung dan menutupi kekurangan masing-masing.



Terlebih kerjasama ini juga akan meliputi pengelolaan bersama pulau Berhala yang pernah dipersengketakan kedua daerah. “Insya Allah hari ini semua niat baik kita, terutama Bapak Gubernur Jambi yang terus mendukung kami, akan menjadi kenyataan dan semoga diridhoi Allah SWT,”ucap Romi, saat dikonfirmasi di Pelabuhan Petrochina Muarasabak, sesaat sebelum keberangkatan.

Untuk diketahui, kerjasama Tanjabtim dan Lingga terwujud setelah Bupati Romi melakukan kunjungan muhibah ke Lingga pertengahan Mei 2017 lalu. Ketika itu Romi menjelaskan bahwa langkah tersebut dia tempuh setelah mempelajari kesamaan budaya dan kehidupan sosial masyarakat kedua daerah yang bertetangga itu.

Romi melihat potensi budaya dan kearifan lokal masing-masing daerah bisa disatukan menjadi kekuatan besar menyongsong tantangan yang semakin komplek bagi kedua daerah. Baik Tanjabtim maupun Lingga berada dalam penyangga kawasan ekonomi strategis Singapura-Batam-Johor (Sibajo) dan berada dalam alur pelayaran internasional Selat Malaka maupun Laut China Selatan.

Tampak rombongan Bupati Romi berangkat ke Lingga menggunakan dua kapal cepat Dinas Perhubungan Tanjabtim. Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli juga ikut dalam rombongan. Hanya saja Romi dan Zola berbeda kapal. Dalam rombongan Romi tampak Wabup Robby Nahliyansyah, Kapolres AKBP Marinus Marantika Sitepu, Asisten I Sutjipto, Staf Ahli Sapril, Kabag Humas dan Protokol Fajar Alamsyah serta sejumlah wartawan liputan Tanjabtim.

Sedangkan di kapal yang ditumpangi Zola, selain ikut sejumlah kepala OPD provinsi Jambi, beberapa kepala OPD Tanjabtim juga terlihat mendampingi. Dengan kecepatan maksimal 30 knot, perjalanan Muarasabak-Lingga diperkirakan memakan waktu lebih tiga jam.

*Bangun Industri Perikanan

Selain pengelolaan bersama Pulau Berhala, Tanjabtim dan Lingga juga akan terlibat dalam pembangunan industri perikanan. Kedua daeah sama - sama mempunyai potensi perikanan dan kelautan yang cukup besar.

Potensi ini diketahui sebagai salah satu pemasok pendapatan asli daerah cukup signifikan bagi Kabupaten Lingga. Sedangkan di Tanjabtim, meski sektor ini belum tergarap optimal, potensi perikanan dan kelautannya adalah yang terbesar dibandingkan semua kabupaten dan kota se Provinsi Jambi. Wapres Jusuf Kala bahkan sempat memanggil Bupati Romi dan Bupati Wello ke Istana Wakil Presiden di Jakarta sebagai bentuk supportnya atas niatan kerjasama kedua daerah itu. (kjcom/*)


Tag : #Romi Hariyanto #Kerjasama Ekonomi #Lingga #Tanjab Timur #Jusuf Kalla



Berita Terbaru

 

OTT KPK di Jambi
Rabu, 13 Desember 2017 22:00 WIB

Zoerman Tak Penuhi Panggilan, KPK Belum Terima Alasannya


Kajanglako.com, Jambi - 2 dari 4 Pimpinan DPRD Provinsi Jambi, tidak memenuhi panggilan KPK sebagai saksi 4 tersangka kasus suap RAPBD Provinsi Jambi 2018,

 

OTT KPK di Jambi
Rabu, 13 Desember 2017 21:32 WIB

Info Terbaru KPK: Penyidik Dalami Keterlibatan Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Jambi


Kajanglako.com, Jakarta - KPK merilis info terbaru terkait kasus suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi Tahun 2018.  Jubir KPK Febri Diansyah menyebut,

 

OTT KPK di Jambi
Rabu, 13 Desember 2017 20:55 WIB

Keluar dari Gedung KPK, Syahbandar: Asal Kooperatif Insya Allah Nyaman


Kajanglako.com, Jakarta - Dua pimpinan DPRD Provinsi Jambi, Chumaidi Zaidi dan Syahbandar diperiksa KPK sebagai saksi hari ini. Keduanya menjalani pemeriksaan

 

Rabu, 13 Desember 2017 19:43 WIB

Rencana Pembangunan Mini GOR di Pemayung Bakal Tertunda


Kajanglako.com, Batanghari – Pemerintah Kabupaten Batanghari berencana akan membangun mini GOR di Kecamatan Pemayung pada 2018 mendatang. Namun,

 

Rabu, 13 Desember 2017 18:59 WIB

Dinilai Lamban, Pencairan Santunan Kematian Dikeluhkan Warga


Kajanglako.com, Batanghari - Anggota DPRD Kabupaten Batanghari A Butsiyantoni, mengaku telah menerima sejumlah laporan warga terkait santunan kematian