Senin, 21 Januari 2019


Minggu, 19 November 2017 13:44 WIB

Bertolak ke Lingga, Bupati Romi Torehkan Sejarah Baru

Reporter : Redaksi
Kategori : Bisnis Berita Daerah

Kapal cepat milik Dishub Tanjabtim yang ditumpangi Bupati Romi menuju Kabupaten Lingga

Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Bupati Tanjung Jabung Timur  Romi Hariyanto pagi ini, Minggu (19/11),  bertolak ke Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau guna menandatangani perjanjian kerjasama ekonomi bersama bupati Lingga Alias Wello. Penandatanganan ini akan disaksikan langsung Wakil Presiden RI Jusuf Kala.

Perjanjian kerjasama ini sebagai lanjutan dari kesepahaman yang dibangun Romi bersama Wello menyikapi pembangunan kedua daerah bertetangga itu. Kerjasama ini adalah torehan sejarah baru bagi upaya percepatan pembangunan di Tanjabtim maupun Lingga. Jika selama ini pembangunan Tanjabtim maupun Lingga lebih mengandalkan sumberdaya internal, dengan kerjasama ini kedua daerah bisa saling mendukung dan menutupi kekurangan masing-masing.



Terlebih kerjasama ini juga akan meliputi pengelolaan bersama pulau Berhala yang pernah dipersengketakan kedua daerah. “Insya Allah hari ini semua niat baik kita, terutama Bapak Gubernur Jambi yang terus mendukung kami, akan menjadi kenyataan dan semoga diridhoi Allah SWT,”ucap Romi, saat dikonfirmasi di Pelabuhan Petrochina Muarasabak, sesaat sebelum keberangkatan.

Untuk diketahui, kerjasama Tanjabtim dan Lingga terwujud setelah Bupati Romi melakukan kunjungan muhibah ke Lingga pertengahan Mei 2017 lalu. Ketika itu Romi menjelaskan bahwa langkah tersebut dia tempuh setelah mempelajari kesamaan budaya dan kehidupan sosial masyarakat kedua daerah yang bertetangga itu.

Romi melihat potensi budaya dan kearifan lokal masing-masing daerah bisa disatukan menjadi kekuatan besar menyongsong tantangan yang semakin komplek bagi kedua daerah. Baik Tanjabtim maupun Lingga berada dalam penyangga kawasan ekonomi strategis Singapura-Batam-Johor (Sibajo) dan berada dalam alur pelayaran internasional Selat Malaka maupun Laut China Selatan.

Tampak rombongan Bupati Romi berangkat ke Lingga menggunakan dua kapal cepat Dinas Perhubungan Tanjabtim. Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli juga ikut dalam rombongan. Hanya saja Romi dan Zola berbeda kapal. Dalam rombongan Romi tampak Wabup Robby Nahliyansyah, Kapolres AKBP Marinus Marantika Sitepu, Asisten I Sutjipto, Staf Ahli Sapril, Kabag Humas dan Protokol Fajar Alamsyah serta sejumlah wartawan liputan Tanjabtim.

Sedangkan di kapal yang ditumpangi Zola, selain ikut sejumlah kepala OPD provinsi Jambi, beberapa kepala OPD Tanjabtim juga terlihat mendampingi. Dengan kecepatan maksimal 30 knot, perjalanan Muarasabak-Lingga diperkirakan memakan waktu lebih tiga jam.

*Bangun Industri Perikanan

Selain pengelolaan bersama Pulau Berhala, Tanjabtim dan Lingga juga akan terlibat dalam pembangunan industri perikanan. Kedua daeah sama - sama mempunyai potensi perikanan dan kelautan yang cukup besar.

Potensi ini diketahui sebagai salah satu pemasok pendapatan asli daerah cukup signifikan bagi Kabupaten Lingga. Sedangkan di Tanjabtim, meski sektor ini belum tergarap optimal, potensi perikanan dan kelautannya adalah yang terbesar dibandingkan semua kabupaten dan kota se Provinsi Jambi. Wapres Jusuf Kala bahkan sempat memanggil Bupati Romi dan Bupati Wello ke Istana Wakil Presiden di Jakarta sebagai bentuk supportnya atas niatan kerjasama kedua daerah itu. (kjcom/*)


Tag : #Romi Hariyanto #Kerjasama Ekonomi #Lingga #Tanjab Timur #Jusuf Kalla



Berita Terbaru

 

Senin, 21 Januari 2019 13:51 WIB

Tinjau Jalan Setapak, Ihsan Yunus juga Silaturahmi dan Serap Aspirasi Warga Legok


Kajanglako.com, Jambi - Anggota DPR RI Dapil Jambi, Ihsan Yunus, Juma'at (18/1) lalu, meninjau bantuan jalan setapak yang pernah diberikan untuk masyarakat

 

Senin, 21 Januari 2019 12:27 WIB

Polemik Kenaikan Tarif PDAM, Maulana: Kebijakan Pak Wali, Tanya ke Beliau


Kajanglako.com, Jambi - Persoalan kenaikan tarif PDAM Tirta Mayang Kota Jambi yang mencapai 100 persen, kini telah disidangkan di Pengadilan Negeri Jambi.

 

Senin, 21 Januari 2019 12:14 WIB

3 Santri Kabur, Pengurus Ponpes Diniyah Baru Tahu saat Orangtua Menjenguk


Kajanglako.com, Bungo - Diduga akibat keteledoran Yayasan Pondok Pesantren Diniyah, Perumnas, Kabupaten Bungo. 3 orang santri kabur dan meninggalkan Ponpes

 

Senin, 21 Januari 2019 12:11 WIB

Nekat Langkahi Garis Polisi, Warga Tantang Bahaya Lihat Reruntuhan Ruko Ambruk dari Dekat


Kajanglako.com, Merangin - Meski sudah hampir sepekan ambruknya Ruko 10 pintu di sekitar Bukit Tiung, Bangko. Ternyata masih saja banyak warga yang penasaran

 

Senin, 21 Januari 2019 12:07 WIB

Besok Zola dan Fachrori Diberhentikan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur


Kajanglako.com, Jambi - Pemprov Jambi telah mengantongi SK pemberhentian Zumi Zola sebagai Gubernur Jambi periode 2016-2021 dari Mendagri, SK itu dijemput