Selasa, 27 Oktober 2020


Selasa, 15 September 2020 19:03 WIB

Cerita Jalan Air Liki dan Masuk Renja 2021 dengan Rencana Anggaran Rp 4,5 M

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah Pemerintahan

Kadis PUPR Merangin, Aspan / foto: Riki

Kajanglako.com, Merangin - Hingga sejauh ini Desa Air Liki belum tersentuh pembukaan jalan dan warga setempat masih menggunakan transportasi air untuk menuju desa mereka.

Terkait rencana pembukaan jalan ke Air Liki, Kadis PUPR Merangin Aspan menceritakan 2017 sudah direncanakan namun rutenya tersentuh dengan kawasan TNKS.



"Itu proses sangat panjang dan kita sudah berupaya," sebutnya.

Lalu tahun 2020 ini warga Air Liki kembali mengajukan bahwa ada jalur alternatif yang rutenya tidak tersentuh kawasan TNKS dan hutan lindung dan itu sudah dilakukan survey bersama PUPR Merangin.

"Kita juga sudah melakukan perencanaan dan survey memang tidak tersentuh TNKS dan hutan lindung dan kita bisa membuka jalan di jalur tersebut," ujar Aspan.

Lalu cerita Aspan lagi, tanggal 10 Agustus 2020 masuk surat dari Kades Ngaol ke PUPR Merangin yang intinya meminta peninjauan kembali jalur yang sudah disurvey tersebut karena ada lahan warga Desa Ngaol di rute jalan tersebut belum bisa dibebaskan.

"Mengajukan kembali agar melakukan surve ulang melanjutkan pekerjaan terobosan jalan yang lama yang pernah dibuka pada bupati sebelumnya. Sementara jalur jalan lama itu medannya cukup berat," sebutnya.

"Jika tidak ada surat tersebut kita bisa memasukkan anggaran pembukaan jalan di APBDP, sebab perencanaan sudah dilaksanakan di APBD awal 2020," tambahnya lagi.

Seiring waktu berjalan datang Kades Air Liki dan Air Liki Baru tanggal 14 September 2020 ke PUPR membawa surat kesepakatan empat desa yang menyetujui pembukaan jalan di rute yang tidak bersentuhan dengan TNKS dan hutan lindung tersebut.

"Surat itu ditandatangani Kades Air Liki, Air Liki Baru, Kades Ngaol dan Kades Ngaol Baru. Sementara KUA PPAS APBDP 2020 sudah ditetapkan tanggal 8 September 2020 pukul 21.38 WIB, jadi surat kesepakatan empat Kades itu lambat datang ke kita dan sementara KUA PPAS sudah selesai dibahas," terangnya.

Terkait itu ditegaskan Aspan pembukaan jalan Ngaol-Air Liki dimasukkan dalam Rencana Kerja (Renja) APBD Merangin 2021.

"Kami juga sudah melayangkan surat ke kadis PUPR provinsi Jambi untuk dialokasikan kegiatan pembukaan jalan Air Liki melalui kegiatan Bakti Abri 042 Garuda Putih Jambi. Renja APBD kita untuk pembukaan jalan air liki rencana anggarannya Rp 4,5 M," sebut Aspan. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Senin, 26 Oktober 2020 16:58 WIB

Di Mandiangin, Tim Haris-Sani Tak Gentar Berjuang dan Tim Koalisi Partai Makin Solid


Kajanglako.com, Sarolangun - Tim Pemenangan Haris-Sani Kecamatan Mandiangin, tak gentar berjuang untuk Haris-Sani meski di Sarolangun terdapat kandidat

 

Pandemi Covid 19
Senin, 26 Oktober 2020 16:23 WIB

Vaksin yang Paling Umum Dicari Saat Covid-19


Kajanglako.com - Pemberian vaksin memang harus diperhatikan, tidak hanya untuk balita atau anak-anak namun juga untuk orang dewasa. Sistem imun sebetulnya

 

Jelang Pilgub Jambi 2020
Senin, 26 Oktober 2020 16:15 WIB

Fachrori-Syafril Siap Libatkan Perguruan Tinggi Bangun Jambi


Kajanglako.com, Jambi – Bersama Fachrori Umar, Calon Wakil Gubernur Jambi Syafril Nursal menyatakan akan melibatkan Perguruan Tinggi, dalam pembangunan

 

Jelang Pilgub Jambi 2020
Senin, 26 Oktober 2020 16:04 WIB

Program Unggulan Cek Endra-Ratu Munawaroh, Misi #1


Kajanglako.com, Jambi – Mewujudkan Jambi CERAH 2024, menjadi visi besar pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Cek Endra – Ratu

 

Jelang Pilgub Jambi 2020
Senin, 26 Oktober 2020 14:04 WIB

Visi Misi Jambi Berkah: Kemajuan dan Kesejahteraan Masyarakat Jambi


Kajanglako.com, Jambi – Debat pertama Calon Gubernur pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi tahun 2020, yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan