Selasa, 22 September 2020


Jumat, 11 September 2020 13:42 WIB

Tingkatkan Kualitas Batik Jambi, Rahima Adakan Pelatihan Pengrajin

Reporter : Juanda Prayetno
Kategori : Inforial

Foto: Juanda

Kajanglako.com, Jambi  - Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj Rahima Fachrori mengemukakan, Dekranasda Provinsi Jambi terus mendorong para pengrajin Batik Jambi untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan dalam membatik, salah satunya dengan mengadakan pelatihan membatik. Hal tersebut dikemukakan Rahima saat menutup Pelatihan Keterampilan Teknis Membatik bagi UKM, yang berlangsung di Unit I Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, Kamis (10/9/20) sore.

Rahima mengemukakan bahwa pelatihan ini merupakan upaya yang dilakukan Dekranasda Provinsi Jambi dalam meningkatkan kualitas Batik Jambi.



“Peningkatan kualitas dan motif Batik Jambi dapat mengangkat eksistensi Batik Jambi dan melestarikan budaya Jambi serta meningkatkan perekonomian masyarakat dengan terciptanya lapangan kerja baru. Pelatihan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan bagi pengrajin Batik Jambi serta mendorong para pengrajin Batik Jambi untuk lebih berkreasi dan berinovasi," ujar Rahima.

Rahima menjelaskan, Dekranasda berupaya meningkatkan kualitas produk Batik Jambi, baik dari segi desain maupun dari segi pewarnaan, karena saat ini Batik Jambi telah menjadi salah satu komoditi unggulan daerah Jambi. Batik Jambi juga telah mendapatkan tempat di hati masyarakat, sehingga permintaan akan kebutuhan Batik Jambi terus meningkat.

"Dalam rangka memenuhi selera konsumen, para pengrajin Batik Jambi saat ini menghadapi tantangan terhadap permintaan selera konsumen yang menginginkan Batik Jambi kaya akan warna. Konsumen juga menginginkan agar para pengrajin dapat mendesain produk Batik Jambi dalam bentuk kain sarung maupun jilbab dengan mengombinasikan motif Batik Jambi tradisional agar memiliki nilai seni yang lebih menarik," jelas Rahima.

Rahima menambahkan, untuk pengayaan pewarnaan Batik Jambi, ke depannya akan diadakan pelatihan pembuatan pewarnaan karena Provinsi Jambi juga memiliki bahan dasar pewarnaan, sehingga untuk pewarnaan tidak perlu lagi mendatangkan dari luar Provinsi Jambi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi, Hamdan SH MSi melaporkan, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jambi dalam kurun waktu 3 bulan terakhir telah mengadakan pelatihan membatik sebanyak 4 kali untuk wilayah Tebo dan beberapa kali pelatihan membatik di kabupaten/kota lainnya se Provinsi Jambi.

"Kita juga telah melaksanakan pembinaan dan penyuluhan bagi para pelaku UMKM yang ada di kabupaten/kota se Provinsi Jambi. Kedepannya, kita melakukan kerjasama dengan Dinas Koperasi kabupaten/kota agar mendata para pelaku UKM, untuk diberikan pelatihan-pelatihan yang mereka butuhkan dan melakukan pendampingan," kata Hamdan. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Selasa, 22 September 2020 10:56 WIB

Kesadaran Bermasker Rendah, Ratusan Warga Terjaring Razia


Kajanglako.com, Merangin - Kesadaran warga mematuhi protokol kesehatan di Merangin masih rendah. Ini terlihat dari banyaknya warga terjaring razia tidak

 

Senin, 21 September 2020 23:11 WIB

Kapolri Terbitkan Maklumat Cegah Klaster Covid-19 di Pilkada 2020


Kajanglako.com, Jambi - Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan Maklumat untuk mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 di masa Pemilihan Kepala

 

Senin, 21 September 2020 19:58 WIB

Gubernur Jambi Turut Berduka Atas Berpulangnya Putra Walikota Jambi


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar MHum mengungkapkan rasa duka yang mendalam atas berpulangnya putra wali kota Jambi pada

 

Senin, 21 September 2020 15:01 WIB

dr Maualana Ajak Masyarakat Gelar Shalat Ghaib


Kajanglako.com, Jambi  - Jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi gelar doa bersama dan sholat ghaib untuk Putra Walikota Syarif Fasha almarhum Febiansyah

 

Senin, 21 September 2020 13:46 WIB

Al Haris Letakan Batu Pertama Pembangunan Ponpes At Tafaqquh Fiddin


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin,  Al Haris meletakan batu pertama pembangunan Pesantren At Tafaqquh Fiddin di Desa Titian Teras, Kecamatan