Minggu, 09 Agustus 2020


Senin, 27 Juli 2020 17:45 WIB

Minta Ganti Rugi Lahan, Ratusan Warga Mandiangin dan SAD Sarolangun Gelar Aksi Demo

Reporter : Riadi
Kategori : Berita Daerah

Foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Ratusan warga Kecamatan Mandiangin, Kabupaten Sarolangun, menggelar aksi demo di Jalan Lintas Sarolangun - Muara Tembesi, tepatnya  di depan Kantor Camat Mandiangin, Senin (27/7/20).

Pantauan di lapangan, peserta aksi menuntut Perusahaan Jambi Prima Coal ( PT JPC ) untuk mengganti rugi lahan warga yang diserobot oleh pihak perusahaan.



Warga menggelar aksinya dengan menyetop  truk batu bara yang berstatus angkutan Perusahaan Jambi Prima Coal dengan memeriksa surat jalan/delivery order.

Dalam pemeriksahaan surat jalan yang dilakukan, jika terdapat mobil operasional pengangkutan batu bara PT JPC akan distop serta mobil pengangkutan tersebut akan disuruh balik arah pulang atau tidak beroperasional sama sekali.

Di antara peserta aksi juga terdapat puluhan warga suku anak dalam (SAD) yang juga menuntut PT JPC untuk melakukan ganti rugi kerusakan sungai pemusiran akibat aktivitas penambangan batu bara.

"Kita menuntut kepada perusahaan Jambi Prima Coal (PT JPC) untuk ganti rugi kerusakan sungai pemusiran kita. akibat aktivitas penambangan batu bara Peruhasaan Jambi Prima Coal (PT JPC) ikan-ikan, labi-labi di sungai tidak ada lagi karena sungai pemusiran kita sudah keruh akibat aktivitas batu bara selama lebih kurang 10 tahun hingga saat ini," jelas Temenggung SAD, Melimun.

"Jadi kita mau makan apalagi karena di sungai pemusiran itu lah aktivitas pencarian kita, maka dari itu kita menuntut ganti rugi kepada Peruhasaan Jambi Prima Coal sebanyak satu temenggung berkisaran 50 orang warga SAD kita. Jika tidak ada tanggapan dari perusahaan itu kita akan aksi lagi yang lebih anarkis di Peruhasaan Jambi Prima Coal (PT JPC) dengan membawa warga kita sebanyak 700 orang lebih," tandasnya.

Aksi ratusan warga Mandiangin dan warga suku anak dalam (SAD) tersebut dijaga ketat oleh aparat kepolisian Polsek Mandiangin dan Polres Sarolangun. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Sejarah Jambi
Minggu, 09 Agustus 2020 04:39 WIB

Ekspedisi Militer Belanda ke Djambi


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Willem Adriaan van Rees (1820-1898) sebetulnya merupakan perwira militer KNIL yang ditugaskan ke Hindia-Belanda

 

Al Quran Berbahasa Melayu Jambi
Minggu, 09 Agustus 2020 04:36 WIB

Perspektif Moderat dan Ilmiah Penting dalam Penerjemahan Alquran


Kajanglako.com, Kota Jambi-Kementerian Agama mendukung keberagamaan yang moderat dan berbasis ilmu pengetahuan. Produk-produk yang dihasilkan, termasuk

 

Jelang Pilgub 2020
Sabtu, 08 Agustus 2020 20:54 WIB

Cek Endra Bongkar Kelebihan Pasangan CE - Ratu yang Tidak Dimiliki Paslon Lain


Kajanglako.com, Batanghari - Dalam sambutannya saat melantik Tim Pemenangan Jambi Cerah Kecamatan Muara Bulian dan Muara Tembesi, Sabtu (07/08), Cek Endra

 

Jelang Pilgub 2020
Sabtu, 08 Agustus 2020 17:47 WIB

Antusias Terhadap Pasangan CE - Ratu, Ini Target Suara yang di Canangkan Arzanil


Kajanglako.com, Batanghari – Antusias warga serta seluruh Tim Pemenangan Calon Gubernur Cek Endra dan Calon Wakil Gubernur Ratu Munawaroh saat keduannya

 

Jelang Pilgub 2020
Sabtu, 08 Agustus 2020 14:44 WIB

Cek Endra Lantik Tim Pemenangan Jambi Cerah Muara Bulian dan Tembesi


Kajanglako.com, Batanghari - Dengan segala keterbatasan dan protokol kesehatan Covid 19, Calon Gubernur (Cagub) Jambi Cek Endra resmi melantik dan mengukuhkan