Minggu, 09 Agustus 2020


Senin, 13 Juli 2020 23:30 WIB

Terdampak Covid-19, Mahasiswa UNBARI Protes Mahalnya Biaya Kuliah

Reporter : Juanda Prayetno
Kategori : Berita Pendidikan

Foto: istimewa

Kajanglako.com, Jambi  - Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Universitas Batanghari (Unbari) Jambi menyampaikan dua permasalahan pokok terkait kampus, kepada pihak Rektorat. Permasalahan tersebut yakni soal Biaya SPP dan Biaya SKS Semester Pendek (SP).

KBM Unbati menyampaikan persoalan itu melalui audiensi dengan pihak Rektorat yang diwakili oleh Wakil Rektor III (Bagian Kemahasiswaan), M Sugihartono di ruang kerjanya, Senin (13/7/20).



Universitas Batanghari merupakan salah satu kampus di Jambi yang terdampak Covid-19, terutama para mahasiswanya. Sehingga KBM memandang SPP di kampus Unbari harus diturunkan karena sangat membebani bagi mahasiswa.

Selanjutnya, terkait biaya SKS yang sebesar Rp 150.000 per 1 SKS bagi mahasiswa yang mengikuti Semester Pendek (SP) dianggap terlalu tinggi untuk situasi pandemi ini.

"Kami memahami ada beban pihak rektorat dalam menjalankan roda perkuliahan, tapi hal yang sangat penting adalah bagaimana kampus hadir di tengah-tengah keluhan ekonomi orang tua mahasiswa saat ini," kata Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas Batanghari, Arby Afrilianif Surahman.

Selain itu, dalam audiensi KBM, Arby menyampaikan opsi untuk pembayaran SPP dengan 3 kali angsuran pembayaran serta pengurangan biaya semester untuk semester depan.

"Ini akan kita dorong terus agar segera terealisasi, selain itu semester pendek yang membebani mahasiswa dengan jumlah yang tak masuk akal Rp 150.000 per SKS akan kita dorong agar menjadi ke angka Rp 40.000 kembali," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua MPM Universitas Batanghari, Faisal Saputra mengatakan pihak kampus juga harus hadir di tengah kondisi yang sangat memperhatinkan bagi mahasiswa dan memberi solusi kongkrit untuk meringankan beban SPP di masa pandemi Covid-19.

"Ini terus kita pantau bersama KBM, karena di masa pandemi Covid-19 tidak ada kuliah tatap muka dengan menggunakan fasilitas kampus. Semoga pihak kampus terbuka hati nuraninya," harapnya.

Menanggapi semua itu, Wakil Rektor III Universitas Batanghari Sugihartono mengatakan akan menyampaikan aspirasi dari KBM mengenai SPP dan uang SP untuk dirapatkan kembali di tingkat Pimpinan Universitas.

"Ini akan kita rapatkan bersama Pimpinan Universitas," pungkas Sugihartono. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Sejarah Jambi
Minggu, 09 Agustus 2020 04:39 WIB

Ekspedisi Militer Belanda ke Djambi


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Willem Adriaan van Rees (1820-1898) sebetulnya merupakan perwira militer KNIL yang ditugaskan ke Hindia-Belanda

 

Al Quran Berbahasa Melayu Jambi
Minggu, 09 Agustus 2020 04:36 WIB

Perspektif Moderat dan Ilmiah Penting dalam Penerjemahan Alquran


Kajanglako.com, Kota Jambi-Kementerian Agama mendukung keberagamaan yang moderat dan berbasis ilmu pengetahuan. Produk-produk yang dihasilkan, termasuk

 

Jelang Pilgub 2020
Sabtu, 08 Agustus 2020 20:54 WIB

Cek Endra Bongkar Kelebihan Pasangan CE - Ratu yang Tidak Dimiliki Paslon Lain


Kajanglako.com, Batanghari - Dalam sambutannya saat melantik Tim Pemenangan Jambi Cerah Kecamatan Muara Bulian dan Muara Tembesi, Sabtu (07/08), Cek Endra

 

Jelang Pilgub 2020
Sabtu, 08 Agustus 2020 17:47 WIB

Antusias Terhadap Pasangan CE - Ratu, Ini Target Suara yang di Canangkan Arzanil


Kajanglako.com, Batanghari – Antusias warga serta seluruh Tim Pemenangan Calon Gubernur Cek Endra dan Calon Wakil Gubernur Ratu Munawaroh saat keduannya

 

Jelang Pilgub 2020
Sabtu, 08 Agustus 2020 14:44 WIB

Cek Endra Lantik Tim Pemenangan Jambi Cerah Muara Bulian dan Tembesi


Kajanglako.com, Batanghari - Dengan segala keterbatasan dan protokol kesehatan Covid 19, Calon Gubernur (Cagub) Jambi Cek Endra resmi melantik dan mengukuhkan