Selasa, 14 Juli 2020


Selasa, 30 Juni 2020 06:49 WIB

Anggaran Bendungan Raksasa Merangin Naik Lagi Jadi Rp 5,5 T

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah

Foto: istimewa

Kajanglako.com, Merangin - Bendungan raksasa sungai Merangin anggarannya meningkat lagi dari Rp 3,3 Triliun menjadi Rp 5,5 Triliun.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Merangin, Aspan mengatakan anggaran proyek bendungan Sungai Merangin meningkat Rp 2,2 T.



"Ya meningkat lagi jadi Rp 5,5 T," sebut Aspan.

Aspan menjelaskan meningkatnya anggaran mega proyek bendungan Merangin karena langsung pembangunan pembangkit listrik, intalasi air bersih dan jaringan irigasi.

"Jadi anggaran sebelumnya hanya untuk bangunan bendungan saja, jadi penambahan ini kegiatannya langsung hingga pembuatan jaringan PLTA, irigasi dan jaringan air bersih," terangnya.

"Untuk jaringan irigasi ini ada dua jalur pembagian, pertama jalur irigasi di Biuku Tanjung dan satunya lagi ke arah Batang Masumai. Jaringan irigasi ini pindah dari semula di Desa Air Batu, karena disitu ada geopark jadi jaringannya dialihkan," tambah Aspan lagi.

Sementara tahun 2020 ini dilanjutkan Aspan ada dua kegiatan yang dilakukan pertama penyusunan Amdal atau analisis mengenai dampak lingkungan. Dan kedua LARAP (Land Acquisition And Resettlement Action Plan) atau rencana kegiatan pengadaan tanah dan pemukiman.

"LARAP ini berkaitan dengan pengitungan potensi bendungan tersebut, pontensi sawah, berapa luas lahan, potensi air dan masyarakat yang mengelola atau memanfaatkannya nanti. Jadi dua itu kegiatannya tahun ini," jelas Aspan.

Anggaran bendungan Merangin ini tiga kali peningkatan dari Rp 2,8 T, menjadi Rp 3,3 T dan terbaru meningkat menjadi Rp 5,5 T.

Secara teknis tinggi bendungan mencapai 80 meter dengan ketebalan 318 meter. Rinciannya 20 meter ke dalam tanah dan 60 meter ke atas. Hitungan teknis pembangunan bendungan ini menghabiskan 1,5 juta kubik material. (Kjcom)


Tag : #Merangin #BEndungan #AL Haris #APBD



Berita Terbaru

 

Senin, 13 Juli 2020 23:30 WIB

Terdampak Covid-19, Mahasiswa UNBARI Protes Mahalnya Biaya Kuliah


Kajanglako.com, Jambi  - Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Universitas Batanghari (Unbari) Jambi menyampaikan dua permasalahan pokok terkait kampus,

 

Senin, 13 Juli 2020 23:18 WIB

Fachrori Salurkan JPS Covid-19 Tahap Dua untuk 3.523 KK di Tanjabar


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi, Fachrori Umar menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi akan terus berupaya dalam membantu meringankan beban masyarakat

 

Senin, 13 Juli 2020 23:12 WIB

Fachrori Tinjau Pelaksanaan Protokol Covid-19 di PT Lontar Papyrus


Kajanglako.com, Jambi – Gubernur Jambi  Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan bahwa aspek kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19 dan

 

Sejarah VOC di Jambi
Senin, 13 Juli 2020 17:18 WIB

Markas VOC yang Pertama di Jambi (6)


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Dalam penilaian Soury, semua penduduk Jambi miskin. Ia juga menilai semua orang itu merupakan pencuri

 

Senin, 13 Juli 2020 15:21 WIB

Hari Ketiga Pencarian, Jasad Pelajar SMP Bungo yang Tenggelam Ditemukan Mengapung


Kajanglako.com, Bungo - Pelajar SMP di Kabupaten Bungo, yang tengelam pada Sabtu (11/7/20) lalu, akhirnya ditemukan Senin, (13/7/20) sekitar pukul