Jumat, 19 Agustus 2022


Kamis, 11 Juni 2020 11:33 WIB

70 Persen Kebutuhan Ikan di Merangin Dipasok dari Luar

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Bisnis UMKM Berita Daerah

Foto: Riki

Kajanglako.com, Merangin - Kebutuhan ikan di Merangin ternyata didominasi pasokan dari luar daerah. Hal ini diakui Bupati Merangin, Al Haris, usai menyerahkan 140 ribu benih ikan ke 10 kelompok budidaya ikan, Kamis (11/6/20).

Al Haris mengatakan, Merangin masih menikmati ikan dari luar daerah dan kelompok pembudidaya ikan Merangin baru mampu memenuhi 30 persen kebutuhan pasar.



"Petani Merangin baru bisa mensupport 30 persen pasar, 70 persen masih bergantung dari ikan luar daerah, misalnya dari wilayah Sumbar," ungkapnya.

Al Haris menyebutkan sebenarnya Merangin punya potensi untuk pembudidayaan ikan dan berharap warga melihat peluang tersebut.

"Kita berharap petani kita aktif membudidaya ikan, sebetulnya kita punya potensi untuk mencukupi kebutuhan ikan di Merangin, kita ada lubuk larangan tapi penennya lama, kalau ikan budidaya ini cepat," ujarnya.

Selain itu warga yang punya perkarangan luas atau ada lahan tidur dan ada potensi untuk kolam ikan, itu bisa dimanfaatkan untuk budidaya ikan.

"Kita mesti begerak dan melihat peluang ini dan tidak banyak lahan tidur untuk dijadikan penunjang ekonomi," sebutnya.

Bupati juga mengakui belum banyak yang dapat dilakukan pemerintah daerah untuk membantu kelompok pembudidaya ikan.

"Terutama untuk pakan, kita baru mampu subsidi sedikit. Ini yang kedepan kita sikapi dengan membuat tempat pembuatan pakan sendiri yang tujuannya agar kebutuhan belanja modal murah," katanya. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Rabu, 17 Agustus 2022 15:15 WIB

Bupati Beserta Forkopimda Saksikan Upacara Detik Detik Proklamasi Secara Virtual


    DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Ketua DPRD, Pariyanto, unsur Forkopimda, Sekda Dharmasraya, Adlisman,

 

Rabu, 17 Agustus 2022 10:53 WIB

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Dharmasraya Berlangsung Khidmat


  DHARMASRAYA – Pelaksanaan pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 di Kabupaten Dharmasraya

 

Perspektif
Rabu, 17 Agustus 2022 08:30 WIB

Gerakan Mahasiswa Sebagai Katalisator Perubahan Politik


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* I Kehadiran kelompok mahasiswa sebagai salah satu kekuatan politik sesudah kemerdekaan merupakan suatu kenyataan yang riil.

 

Selasa, 16 Agustus 2022 22:16 WIB

Bupati Hadiri Pengesahan Warga Baru PSHT Cabang Dharmasraya


  DHARMASRAYA - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuaku Kerajaan menghadiri pengesahan warga baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Dharmasraya

 

Selasa, 16 Agustus 2022 22:11 WIB

Bupati Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden dalam Rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77


    DHARMASRAYA - Sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 tahun 2022, Bupati Dharmasraya,