Sabtu, 06 Juni 2020


Sabtu, 28 Maret 2020 16:00 WIB

Via Aplikasi Zoom Clound, Bawaslu Jambi Bahas Tantangan Pilkada di Tengah Covid 19

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita

Salah satu capture saat Bawaslu Provinsi Jambi gelar diskusi From Home menggunakan Aplikasi Zoom Clound (foto:Humas Bawaslu)

Kajanglako.com, Jambi - Ditengah wabah Virus Corona atau Covid-19, Bawaslu Provinsi Jambi menegaskan tidak ada istilah penundaan Pilkada 2020, yang ada adalah Pemilihan susulan maupun lanjutan. "Jadi tidak ada istilah penundaan Pilkada, yang ada adalah Pemilihan susulan atau lanjutan, namun diskusi ini akan menarik, sambil menunggu putusan dari pemerintah dan DPR, yang pada akhirnya akan memutuskan, tentu dengan mekanisme dan prosedur ketatanegaraan," ujar Anggota Bawaslu Provinsi Jambi Fahrul Rozi, S.Sos menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan #DiscussionFromHome Tantangan Pilkada di Tengah Bencana Covid-19 dilakukan secara online oleh Pusakademia, dengan menggunakan aplikasi zoom clound meetings, Sabtu (28/3).

Dijelaskannya, Bawaslu sedang menyiapkan beberapa rencana atau planning. "Ada skenario apabila situasi paling baik jika semuanya masih bisa berjalan, maka yang kita butuhkan adalah SOP, semacam aturan tambahan terhadap jajaran pengawas dan kita rekomendasikan ke jajaran KPU," jelas Kordiv Pengawasan ini.



Selain itu, misalnya dengan skenario  melakukan Pilkada lanjutan maupun Pilkada susulan bagi daerah yang tidak memungkinkan digelar Pilkada sesuai jadwal. Namun kedua opsi itu masih perlu didiskusikan dengan KPU, DKPP, DPR dan Pemerintah

Sedangkan skenario ketiga, yaitu Pilkada susulan, yang mana seluruh tahapan Pilkada tidak bisa dilanjutkan tetapi sebagian daerah tidak. "Tentu pemetaan daerah ini akan menjadi modal untuk dibicarakan bersama antara Bawaslu, KPU, DKPP sebagai penyelenggara pemilu, dan pemerintah dan DPR," ujarnya.

Ia menegaskan kalau yang dipilih adalah skenario Pilkada lanjutan dan Pilkada Susulan, maka ada beberapa aturan yang harus disesuaikan dan dibahas bersama DPR. ia menyebut skenario ini, Bawaslu sudah menyampaikan ke KPU dalam bentuk rekomendasi di tengah menghadapi wabah corona.

"Kalau skenarionya adalah pemilu lanjutan dan susulan ada hal-hal yang harus kita lalui bersama antar penyelenggara dan juga pemerintah dan juga DPR. Bawaslu sudah menyurati KPU untuk mengingatkan hal ini, dan secara cepat juga kita mendapatkan update bahwa situasi penanggulangan atau antisipasi virus Corona ini juga harus kita lakukan tentu sambil berharap agar segera ada kabar baik terhadap perkembangan virus Corona," tegasnya.

Menyikapi perkembangan virus Corona, Bawaslu sudah membahas terkait tindak lanjut Keputusan KPU yang menunda beberapa tahapan Pilkada 2020, dengan mengeluarkan surat edaran nomor 0252/K.Bawaslu/PM.00.00/3/2020 tentang Pengawasan Penundaan Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid19.

"Meski saat ini ada penundaan empat tahapan pilkada, tapi Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota tetap melaksanakan tugas dan fungsinya. Jika ada dugaan kasus pelanggaran maka Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota tetap bisa menangani pelanggaran, jadi Bawaslu (provinsi dan kabupaten/kota) tetap bekerja dan mengawasi tahapan, walaupun di tunda, namun perlu diawasi dan di cegah, setiap pelanggaran termasuk pencegahan Covid-19,” katanya.

Kedepan, Bawaslu Provinsi Jambi akan berupaya melakukan kegiatan-kegiatan atau pertemuan seperti ini. "Karena secara internal, sejal wabah corona, Bawaslu sudah menerapkan sistem komunikasi online dengan video conference atau menggunakan aplikasi zoom, dan tidak menutup kemungkinan akan diperluas dengan diskusi-diskusi online ini," ungkapnya. (Kjcom/Rilis Humas Bawaslu Provinsi Jambi)


Tag : #jambi #corona #covid 19 #jambi #bawaslu jambi #zoom clound



Berita Terbaru

 

Jumat, 05 Juni 2020 17:15 WIB

Update Covid-19: Bertambah 2 Kasus Positif di Jambi, Ini Datanya


Kajanglako.com, Jambi - Juru bicara gugus tugas Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah mengumumkan penambahan 2 kasus pasien positif corona di Jambi per 5 Juni

 

Covid-19
Jumat, 05 Juni 2020 16:23 WIB

"Lockdown" ala Ketoprak


Oleh: A. Windarto* Pandemi Covid-19 melanda hampir ke seluruh daerah di tanah air. Angka pasien positif dan meninggal dunia akibat wabah mematikan ini

 

Jumat, 05 Juni 2020 15:18 WIB

Tindaklanjuti Rekom KASN, Pemprov Keberatan Angkat Kembali Pejabat Non-job


Kajanglako.com, Jambi - Sebelumnya Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sudah menjawab surat keberatan yang diajukan Gubernur Jambi Fachrori Umar tentang

 

Jumat, 05 Juni 2020 15:10 WIB

OJK Jambi Ajak Wartawan Gemar Menabung dan Investasi


Kajanglako.com, Jambi - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi menggelar kelas edukasi keuangan online (Kelana) terkait Unit Link-Asuransi Jiwa, bagi

 

Hari Lingkungan Hidup Sedunia
Jumat, 05 Juni 2020 06:59 WIB

Merawat Keragaman Budaya, Melindungi Keanekaragaman Hayati


Oleh: Ali Yansyah Abdurrahim* Setiap 5 Juni, segenap warga dunia merayakan Hari Lingkungan Hidup [1]. Peringatan ini dilakukan sejak tahun 1974 sebagai