Sabtu, 04 April 2020


Selasa, 24 Maret 2020 18:21 WIB

Pelaku PETI Divonis Ringan, Jaksa Akan Ajukan Banding

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah Hukrim

Foto: Riki

Kajanglako.com, Merangin - Hakim Pengadilan Negeri Bangko menjatuhkan vonis 2 tahun penjara untuk pemilik lahan dan pemilik alat serta vonis 1 tahun 3 bulan penjara untuk 16  pekerja PETI yang diamankan anggota Polres Merangin September 2019 lalu di wilayah Desa Sungai Kapas, Kecamatan Bangko.

Vonis ini dibacakan majelis hakim yang diketua Bungaran Pakpahan dan didampingi Hakim Anggota Yofistian dan Dini Nusrotudiniyah.



Pantauan di Pengadilan Negeri Bangko, sidang vonis 18 terdakwa dibacakan terpisah, pertama hukuman dijatuhkan terhadap 6 pekerja PETI divonis 1 tahun 3 bulan penjara.

Selanjutnya majelis hakim menjatuhkan vonis terhadap pemilik lahan 2 tahun penjara, lalu majelis hakim menjatuhkan vonis 1 tahun 3 bulan penjara untuk 5 orang pekerja PETI dan terakhir menjatuhkan vonis untuk 6 orang, 2 tahun penjara untuk pemilik alat dan 1 tahun 3 bulan penjara untuk 5 pekerja.

Terkait keputusan tersebut Jaksa Penuntut Umum menilai vonis yang dijatuhkan hakim terlalu rendah dari tuntutan. Dimana tuntutan jaksa 8 tahun penjara untuk pemilik alat dan pemilik lahan dan 4 tahun penjara untuk pekerja.

Hal ini dikatakan jaksa penuntut umum, Arie Pratana bahwa keputusan hakim jauh dari tuntutan pihaknya.

"Putusan hakim ini jauh dari tuntutan kami, ada dua tuntutan pemilik lahan dan pemilik alat itu kami tuntut 8 tahun tapi diputus 2 tahun, kemudian untuk pekerja tuntutan kami 4 tahun diputus satu tahun tiga bulan, tapi tadi ketiga dipersidangan para terdakwa pikir-pikir maka dari itu penuntut umum menyatakan sikap pikir-pikir sampai tujuh hari ke depan," kata Arie.

Ditanya apakah akan mengajukan banding, Arie mengisyarakatkan pihaknya akan mengajukan banding terhadap putusan hakim tersebut.

"Ya, kita terdakwa dan penuntut umum ada waktu tujuh hari untuk pikir-pikir, tujuh hari kita nyatakan sikap, kalau banding kita akan banding," sebutnya. (Kjcom)


Tag : #Merangin #PETI



Berita Terbaru

 

Sabtu, 04 April 2020 09:45 WIB

Cek Posko Corona Tengah Malam, Al Haris Semangati Petugas Piket


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Al Haris, memantau posko siaga pencegahan Covid-19 di perbatasan Merangin-Kerinci, Jumat (4/3/20) malam. Dalam

 

Jumat, 03 April 2020 22:27 WIB

Cek Endra Serahkan Bantuan APD untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sarolangun


Kajanglako.com, Sarolangun - Bupati Sarolangun H Cek Endra menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis di Puskesmas maupun di

 

Jumat, 03 April 2020 19:37 WIB

Gubernur Terbitalkan SE Terbaru Perpanjang WFH ASN Pemprov Jambi


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi Fachrori Umar, mengeluarkan Surat edaran (SE), Nomor:- SE/GUB.BKD-4.111V/2020 tentang perubahan atas surat edaran

 

Jumat, 03 April 2020 19:32 WIB

Gubernur Video Conference dengan Bupati Walikota Bahas Penanganan Covid-19


Kajanglako.com, Jambi - Rapat Online Gubernur Jambi Fachrori Umar, bersama Bupati dan Wali Kota se Provinsi Jambi dalam upaya penanganan serta pencegahan

 

Jumat, 03 April 2020 15:08 WIB

Solidaritas Pangan Perpus Rakyat untuk Masyarakat Terdampak Covid-19


Kajanglako.com, Jambi - Wabah virus Corona atau Covid-19 masih terus berlangsung di tanah air. Beberapa pihak menyatakan bahwa virus ini akan terus ada