Senin, 13 Juli 2020


Selasa, 17 Maret 2020 19:24 WIB

Gubernur Terima Penghargaan Kapabilitas APIP Level 3

Reporter : Juanda Prayetno
Kategori : Inforial

Foto: Juanda

Kajanglako.com, Jambi – Gubernur Jambi Fachrori Umar secara langsung menerima Penghargaan Kapabilitas Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Level 3 untuk Pemerintah Provinsi Jambi, berdasarkan Quality Assurance dari Deputi Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi, Rudy Mahani Harahap, yang berlangsung di Ruang Kerja Gubernur Jambi di Kantor Gubernur Jambi, Selasa (17/02) sore. Pada kesempatan tersebut, Fachrori juga menerima Laporan Hasil Pengawasan (LHP) Tahun 2019.



“Alhamdulillah Pemerintah Provinsi Jambi mendapatkan penghargaan kapabilitas APIP level 3 dari BPKP Perwakilan Provinsi Jambi. Ini artinya, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Inspektorat Daerah Provinsi Jambi dinilai mampu memberikan manfaat dan nilai tambah bagi pemerintah daerah melalui kegiatan pengawasan,” ujar Fachrori.

Fachrori mengungkapkan, penghargaan kapabilitas APIP level 3 ini menandakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi telah meningkatkan sistem governance melalui peningkatan kualitas governance pemerintah daerah dan badan usaha milik daerah, antara lain meningkatkan kapabilitas APIP, meningkatkan maturitas SPIP, dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Kita terus berupaya meningkatkan kualitas governance pemerintah daerah dan badan usaha milik daerah melalui berbagai upaya antara lain meningkatkan kapabilitas APIP, meningkatkan maturitas SPIP dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, sehingga Pemerintah Provinsi Jambi berhasil mendapatkan penghargaan kapabilitas APIP level 3 ini,” ungkap Fachrori.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada BPKP Perwakilan Provinsi Jambi yang telah menyerahkan laporan hasil pengawasan untuk tahun 2019 dan mengharapkan BPKP Perwakilan Porovinsi Jambi turut mendukung penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan di Provinsi Jambi, khususnya pada pengelolaan dan pengawasan keuangan daerah,” pungkas Fachrori.

Sebelumnya, Rudy menyampaikan, penghargaan kapabilitas APIP level 3 merupakan bentuk penilaian dan pengawasan yang telah dilaksanakan BPKP Perwakilan Jambi, dimana BPKP bertanggung jawab dalam mengawasi akuntabilitas program pembangunan dan tujuan strategis nasional yang telah tertuang dalam RPJMN dan RKP, khususnya di wilayah Provinsi Jambi.

“Penghargaan ini adalah bentuk penilaian dan pengawasan dari BPKP, serta dalam menjalankan amanah yang tertuang dalam RPKMN dan RKP. Hal ini juga merupakan bentuk kontribusi nyata dari BPKP Perwakilan Jambi terhadap Pemerintah Provinsi Jambi dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jambi,” kata Rudy.

“Hari ini kita juga menyerahkan laporan hasil pengawasan tahun 2019 dan mengharapkan hasilnya dapat memberikan informasi kegiatan pengawasan dan kontribusi dari BPKP Perwakilan Provinsi Jambi dalam upaya meningkatkan kualitas akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tambah Rudy.

Dikutip dari laman www.bpkp.go.id, berdasarkan Peraturan Kepala BPKP Nomor 16 Tahun 2015, level APIP dibabagi lima, yaitu : Level 1 Initial, Level 2 Infrastructure, Level 3 Integated, Level 4 Managed, Level 5 Optimizing. (Kjcom)


Tag : #Gubernur #JAmbi #Fachrori



Berita Terbaru

 

Sejarah VOC di Jambi
Senin, 13 Juli 2020 17:18 WIB

Markas VOC yang Pertama di Jambi (6)


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) Dalam penilaian Soury, semua penduduk Jambi miskin. Ia juga menilai semua orang itu merupakan pencuri

 

Senin, 13 Juli 2020 15:21 WIB

Hari Ketiga Pencarian, Jasad Pelajar SMP Bungo yang Tenggelam Ditemukan Mengapung


Kajanglako.com, Bungo - Pelajar SMP di Kabupaten Bungo, yang tengelam pada Sabtu (11/7/20) lalu, akhirnya ditemukan Senin, (13/7/20) sekitar pukul

 

Senin, 13 Juli 2020 15:11 WIB

Sudirman: Perhatikan Kebijakan Sekolah di Wilayah Zona Hijau


Kajanglako.com, Jambi - Penjabat (PJ) Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Sudirman, mengungkapkan aturan regulasi yang terbaru terkait zonasi di dunia pendidikan

 

Sosok dan Pemikiran
Senin, 13 Juli 2020 15:08 WIB

Herbert Feith


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* Pada tanggal 5 Juli 1959 Presiden Sukarno mengeluarkan Dekrit Presiden yang isinya membubarkan Konstituante dan memutuskan

 

Senin, 13 Juli 2020 14:31 WIB

Pekerja PETI Tewas Tertimbun Tanah, Kematian Seolah Dirahasiakan


Kajanglako.com, Sarolangun - Asep, warga Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah pekerja penambangan emas tanpa izin (PETI) yang berada di Selembau Desa Teluk