Sabtu, 04 April 2020


Selasa, 17 Maret 2020 17:20 WIB

Hj Rahima Sambangi Potensi Pengrajin Batik dan Usaha Rumahan Masyarakat Daerah

Reporter : Juanda Prayetno
Kategori : Inforial

Foto: Juanda

Kajanglako.com, Jambi - Melihat potensi pengrajin batik dan usaha kecil masyarakat menjadi tujuan Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj Rahima Fachrori melakukan kunjungan ke dua tempat pengrajin batik di Kabupaten Sarolangun dan usaha pembuatan makanan ringan Kabupaten Merangin, Senin (16/3/20).

Hj Rahima Fachrori selaku Ketua Dekranasda Provinsi Jambi dalam upaya meningkatkan kualitas, pola kreasi serta menyerap aspirasi pengrajin Batik Wike di Desa Taman Dewa Kecamatan Mandiangin Kabupaten Sarolangun sengaja menyempatkan diri melihat langsung proses pembuatan batik yang telah menghasilkan beberapa pola. "Sengaja melihat proses pembuatan batik guna mendukung kemajuan usaha masyarakat," ungkap Hj Rahima Fachrori.



Dari tahun 1998 Ismiyatun/Syaiful pemilik Batik Wike telah mengembangkan dan memproduksi motif Saluang Mudik (ikan), Karomong (alat musik), Ulo Tidou (hewan), Kangkung (Sayuran), Kembang Tanjung ( Tumbuhan), Ayam Pedang (hewan).

"Sudah memulai usaha dari tahun 1998 hingga saat ini terus berproduksi," ujar Syaiful.

Selanjutnya Hj Rahima Fachrori meneruskan perjalanan bersama rombongan menuju pengrajin Batik Darna di Kelurahan Pasar Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun. "Kita mengharapkan pengrajin batik semakin maju dengan usaha yang telah merela rintis dan ini bentuk dukungan kita mengunjungi langsung pengrajin," ujar Hj Rahima Fachrori.

Perjalanan dilanjutkan dengan mengunjungi pelaku usaha Aneka Makanan Ringan Puja Kesuma di Desa Pauh Menang Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin bersama tim Disperindag Provinsi Jambi. Hj Rahima Fachrori terlihat senang dan bercengkrama bersama pemilik usaha Pak Saprin dan Istrinya serta beberapa karyawan yang sedang mengolah aneka makanan ringan.

"Pelaku usaha kecil dan mikro perlu diperhatikan serta dukungan dari pihak terkait dan ini kita lihat langsung proses pembuatan serta beberapa arahan yang bertujuan memajukan usaha mereka," harap Hj Rahima Fachrori.

Sementara pemilik Usaha Makanan Ringan Puja Kesuma Pak Saprin menyampaikan kemampuan produksi makanan ringan setiap bulannya berkisar 700 bungkus plastik yang biasanya mereka jual seharga Rp.10.000,- pada masyarakat umum.

"Produksi bisa berubah namun itu yang biasanya kita hasilkan," ujar Saprin.

Selanjutnya Hj Rahima Fachrori bersama rombongan bertolak pulang setelah melakukan kunjungan dan dukungan untuk pengrajin batik dan makanan ringan di Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Merangin. (Kjcom)


Tag : #Rahima #DWP #JAmbi



Berita Terbaru

 

Sabtu, 04 April 2020 09:45 WIB

Cek Posko Corona Tengah Malam, Al Haris Semangati Petugas Piket


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Al Haris, memantau posko siaga pencegahan Covid-19 di perbatasan Merangin-Kerinci, Jumat (4/3/20) malam. Dalam

 

Jumat, 03 April 2020 22:27 WIB

Cek Endra Serahkan Bantuan APD untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sarolangun


Kajanglako.com, Sarolangun - Bupati Sarolangun H Cek Endra menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis di Puskesmas maupun di

 

Jumat, 03 April 2020 19:37 WIB

Gubernur Terbitalkan SE Terbaru Perpanjang WFH ASN Pemprov Jambi


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi Fachrori Umar, mengeluarkan Surat edaran (SE), Nomor:- SE/GUB.BKD-4.111V/2020 tentang perubahan atas surat edaran

 

Jumat, 03 April 2020 19:32 WIB

Gubernur Video Conference dengan Bupati Walikota Bahas Penanganan Covid-19


Kajanglako.com, Jambi - Rapat Online Gubernur Jambi Fachrori Umar, bersama Bupati dan Wali Kota se Provinsi Jambi dalam upaya penanganan serta pencegahan

 

Jumat, 03 April 2020 15:08 WIB

Solidaritas Pangan Perpus Rakyat untuk Masyarakat Terdampak Covid-19


Kajanglako.com, Jambi - Wabah virus Corona atau Covid-19 masih terus berlangsung di tanah air. Beberapa pihak menyatakan bahwa virus ini akan terus ada