Sabtu, 04 April 2020


Minggu, 08 Maret 2020 18:57 WIB

Pasar Muamalah Pertama di Jambi, Transaksi Gunakan Dinar dan Dirham

Reporter : Redaksi
Kategori : Ragam

Transaksi jual beli menggunakan Dinar dan Dirham di Pasar Muamalah Kota Jambi (Foto:kajanglako/Arman)

Kajanglako.com,  Jambi – Sekilas tak ada yang berbeda aktivitas jual beli atau bazaar yang diadakan di halaman Masjid Baiturrahim wilayah TAC Kota Jambi, Minggu pagi (08/03). Tampak dari kejauhan aktivitas semuanya tak ubah bazaar atau pasar sebagaimana biasanya.

Namun jika dilihat lebih dekat, aktivitas jual beli yang terjadi, begitu berbeda terutama dari alat tukar atau alat transaksi yang digunakan. Ya, aktivitas jual beli tersebut bukan menggunakan uang kertas sebagaimana biasa, akan tetapi menggunakan Dinar dan Dirham atau Emas dan Perak yang telah berbentuk kepingan koin. Nama pasarnya pun berbeda yaitu pasar Muamalah.



Meski belum terlalu ramai baik pembeli dan penjual, namun aktivitas pasar Muamalah tersebut cukup menarik perhatian terutama bagi umat Islam. Cukup banyak masyarakat yang berkunjung untuk melakukan aktivitas jual beli di pasar tersebut.

H Zaim saidi, Pakar Muamalah Indonesia yang juga Ketua Baitul Mal Nusantara saat diwawancara Kajanglako.com mengatakan, kegiatan pasar ini dilakukan serempak di 9 kota secara bersamaan, salah satunya Kota Jambi. H Zaim Saidi melanjutkan, secara keseluruhan gerakan pasar Muamalah telah dilakukan di 25 kota di Indonesia.

“Ya secara keseluruhan aktivitas pasar Muamalah telah terjadi di 25 kota di Indonesia. Hari ini secera serentak dilakukan di 9 Kota, salah satunya di Jambi”, katanya.

H Zaim mengatakan, gerakan ini sebagai bentuk upaya mengenalkan kepada masyarakat makna dari aktivitas jual beli yang sesungguhnya. Secara perlahan satu persatu, H Zaim mengatakan kemudian terus digerakkan oleh masyarakat itu sendiri.

Menurut H Zaim, sesungguhnya pasar sama halnya dengan masjid, dimana keduannya meruapakan tempat untuk bersedekah, yang secara tidak langung aktivitas didalammnya menerapkan syariat Islam.

“Masjid adalah tempat bersedekah, pasar juga begitu. Tidak ada pungutan pajak di pasar seharusnya. Nah di pasar Muamalah para kita menyediakan fasilitas untuk para pedagang tanpa dipungut biaya. Silahkan bejualan di pasar”, kata H Zaim.

Dirinya menyadari, gerakan Pasar Muamalah ini cukup berat dan tidak dapat dilakukan sekelompok. Namun harus berjamaah. Menurut nya cita-cita dari gerakan ini tidak serta merta mulus, namun perlu perjuangan.

“kita harus berjamaah, memilih para pemimpinnya, masih tentu menggunakan rupiah, tidak bisa instan, perlu waktu dan perjuangan,” katanya.

Untuk diketahui, masayarakat tidak perlu kuatir mendapatkan Dinar dan Dirham untuk melakukan transaksi di pasar Muamalah ini, karena terdapat tempat penukaran uang rupiah dengan Dinar dan Dirham.

Saat ini 1 Dirham memiliki daya beli sekitar Rp 72.000 atau setara 1 ekor ayam kampung  dengan kualitas baik. (Kjcom)


Tag : #jambi #dinar dan dirham #dinar #dirham #pasar muamalah #baitul mal nusantara



Berita Terbaru

 

Sabtu, 04 April 2020 09:45 WIB

Cek Posko Corona Tengah Malam, Al Haris Semangati Petugas Piket


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Al Haris, memantau posko siaga pencegahan Covid-19 di perbatasan Merangin-Kerinci, Jumat (4/3/20) malam. Dalam

 

Jumat, 03 April 2020 22:27 WIB

Cek Endra Serahkan Bantuan APD untuk Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sarolangun


Kajanglako.com, Sarolangun - Bupati Sarolangun H Cek Endra menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis di Puskesmas maupun di

 

Jumat, 03 April 2020 19:37 WIB

Gubernur Terbitalkan SE Terbaru Perpanjang WFH ASN Pemprov Jambi


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi Fachrori Umar, mengeluarkan Surat edaran (SE), Nomor:- SE/GUB.BKD-4.111V/2020 tentang perubahan atas surat edaran

 

Jumat, 03 April 2020 19:32 WIB

Gubernur Video Conference dengan Bupati Walikota Bahas Penanganan Covid-19


Kajanglako.com, Jambi - Rapat Online Gubernur Jambi Fachrori Umar, bersama Bupati dan Wali Kota se Provinsi Jambi dalam upaya penanganan serta pencegahan

 

Jumat, 03 April 2020 15:08 WIB

Solidaritas Pangan Perpus Rakyat untuk Masyarakat Terdampak Covid-19


Kajanglako.com, Jambi - Wabah virus Corona atau Covid-19 masih terus berlangsung di tanah air. Beberapa pihak menyatakan bahwa virus ini akan terus ada