Selasa, 31 Maret 2020


Sabtu, 15 Februari 2020 18:59 WIB

Bawaslu Provinsi Jambi Lounching Pengawasan Pemilu Gubernur, Bupati/Walikota 2020, Waspadai Racun Demokrasi

Reporter : Juanda Prayetno
Kategori : Berita Pemerintahan

Foto: Juanda

Kajanglako.com, Jambi - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi, melounching Pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Kepala Daerah tahun 2020, Sabtu (15/2/20).

Tahun 2020 menjadi pekerjaan berat Bawaslu karena tahun ini adalah terakhir pelaksanaan Pemilu, gelombang ke 4, menjelang tahun 2024 mendataang. Artinya untuk 4 tahun ke depan tidak ada kontestasi Pemilu di Provinsi Jambi.



Monumen perjuangan "Tugu Juang" kawasan Sipin Kota Jambi, menjadi tempat yang dipilih Bawaslu Provinsi Jambi pada Lounching tersebut. Para tamu undangan pun datang dengan kostum "Teluk Belango" khas Jambi, meleburkan budaya lokal dalam momen ini.

"Kita ingin berjuang menjadikan Jambi terbaik dalam Pilkada 2020, sesuai dengan arti monumen perjuangan Tugu Juang, serta melekatkan budaya lokal," kata Asnawi.

Slogan Bawaslu "Bersama Rakyat Awasi pemilu, Bersama Bawaslu tegakan keadilan Pemilu" ingin memperkenalkan aturan regulasi ke masyarakat, dan tahapan pemilu dengan sasaran masyarakat memahami aturan itu.

Lanjut Asnawi, yang menjadi fokusnya ke depan adalah untuk menciptakan Pemilu 2020 yang Jurdil di Provinsi Jambi.

"Indek kerawawan (daerah) kita petakan, misalnya konflik horizontal tidak bisa dipungkiri gesekan di tengah masyarakat sangat tinggi, kita petakan daerah rawan," kata Asnawi.

Lalu, partisipasi pemilih, sikap masyarakat melakukan pengawasan dalam kecurangan Pemilu. Ketiga, politik uang sangat tinggi, masyarakat tidak hanya menunggu tapi mengharapkan hal itu.

"Politik uang menjadi PR Bawaslu dan masyarakat, menjaga netralitas ASN, dan kepala desa," kata Asnawi.

Soal nettalitas pegawai negeri, tertuang dalam UU Nomor 5 tahun 2014, tentang netralitas ASN dalam Pemilu.

Abhan Ketua Bawaslu RI, usai membuka secara resmi lounching tersebut, mengatakan, pada tahun 2020 setidaknya ada 270 daerah di Indonesia yang melaksanakan Pemilu Kepala Daerah.

"Untuk di Jambi, 5 daerah kabupaten/kota pemilihan bupati/walikota) dan 1 provinsi Jambi (Pilgub)," kata Abhan.

Ia juga menegaskan, kesuksesan Pemilu 2019, harus diulang pada 2020, partisipasi komponen bangsa, masyarakat Jambi mensukseskan pilkada.

"Tidak hanya menjadi tanggung jawab penyelenggaraan tapi masyararat, tiga komponen yang berperan penting dan integritas, satu, penyelenggara Pemilu (KPU, Bawaslu), dua, peserta Pilkada, tiga, TNI, Polri, ASN harus netral," katanya.

Terpisah, Gubernur Jambi diwakili Asraf Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Politik, menyampaikan pesan, mengajak masyarakat menggunakan hak pilih dalam Pilkada 23 September mendatang.

"Kita berharap tidak ada masyarakat yang golput, dan menjaga kedamaian. Mari kita awasi dan waspadai racun demokrasi, politik uang, hoaks," katanya. (Kjcom)


Tag : #Bawaslu #Pilgub #Pilkada #Jambi



Berita Terbaru

 

Senin, 30 Maret 2020 19:49 WIB

Gubernur Apresiasi Donasi dari IJK untuk Penanganan Covid-19


Kajanglako.com, Jambi - Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FK IJK) Provinsi Jambi memberikan bantuan untuk penanganan Corona Virus 2019 (Covid-19)

 

Senin, 30 Maret 2020 19:45 WIB

Gubernur Fachrori Tinjau Mall WTC dan Bandara


Kajanglako.com, Jambi - Gubernur Jambi Fachrori Umar, menegaskan bahwa Provinsi Jambi terus berbenah untuk menekan penyebaran Corona Virus 2019 (Covid-19).

 

Senin, 30 Maret 2020 18:45 WIB

Antisipasi Virus Corona, Syahirsah Lantik Ratusan Pejabat Secara Online


Kajanglako.com, Batanghari - Bertempat di ruang kaca Rumah Dinas Bupati Batanghari, H Syahirsah Sy melantik ratusan pejabat Eselon II, III dan IV secara

 

Senin, 30 Maret 2020 17:47 WIB

Pemkab Batanghari Siapkan Wisma PKK untuk Isolasi Pasien Corona


Kajanglako.com, Batanghari - Pemkab Batanghari telah menggelontorkan dana yang bersumber dari dana tanggap darurat dan perjalanan dinas dengan nominal

 

Senin, 30 Maret 2020 16:24 WIB

Breaking News..! 1 Lagi Warga Jambi Positif Corona


Kajanglako.com, Jambi - Juru bicara pemerintah penanganan Covid-19, dalam press rilis Senin (30/3/20) sore, mengumumkan data terbaru kasus Corona